Your Job Is Not Your Career the book
Buku ini saya beli di Rumah Buku jl. Supratman Bandung semalam sebelum keberangkatan saya ke Bali (untuk PIMNAS kemarin, jadi sebenarnya ini sudah lama sekali tapi baru sempat nulis sekarang :D). Karena perangkat elektronik tidak diizinkan untuk dipergunakan di penerbangan yang akan saya ikuti, saya rasa membeli buku sebagai bahan bacaan selama sekitar 2 jam penerbangan oke juga.

First Impression

Jujur saja, saya terpikat untuk membeli buku ini karena banyak sekali yang memperbincangkannya di twitter (Heck, twitter buzz works. It’s all about curiosity). Buku ini adalah buah karya Rene Suhardono (@ReneCC), seorang headhunter yang meninggalkan pekerjaannya untuk menjadi Career Coach demi memenuhi passionnya. Dan detik pertama saat saya membuka sampul buku ini, kesan pertama adalah “holy kaw!”. Desain, layout, tipografi dan ilustrasinya sangat-sangat keren. Beautifully executed. Salah satu buku lokal dengan layout paling keren yang pernah saya baca.

What makes this book unique

Selain layoutnya yang super keren, packaging buku ini juga unik. Saat membuka segelnya, saya mendapati buku ini terdiri dari dua buku terpisah. Namun setelah saya baca, ternyata saat anda membeli buku Your Job Is Not Your Career, Rene memberi “bonus” buku Career Snippet yang dilabelinya “priceless” sebagai ungkapan terima kasih karena telah membeli Your Job Is Not Your Career πŸ˜€

What did i learn from this book

Pada dasarnya, ada satu ide besar yang dikupas dalam buku ini: perbedaan antara “job” dan “career”.

“Job” adalah mengenai “pekerjaan” yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Job itu milik perusahaan. Sedangkan “career” adalah mengenai diri anda. Karir itu milik anda. Career is all about you. Tentang perjalanan anda mencapai apa yang anda inginkan dalam hidup.

Nah, disinilah poin menariknya: banyak yang mengira bahwa karir adalah jenjang kepegawaian yang dijalani di satu perusahaan. Salah besar.

Menurut Rene, karir tidak harus ada di satu perusahaan tertentu. Anda bisa saja berpindah-pindah perusahaan, namun karir dan pengalaman anda tetap melekat kepada anda.

Pertanyaannya adalah, apa yang anda inginkan dalam hidup? Pekerjaan yang sekarang anda jalani bisa saja bukan karir anda karena pekerjaan anda yang sekarang bertentangan dengan “passion” anda, sesuatu yang benar-benar anda inginkan dalam hidup anda satu-satunya ini.

Sekarang yang menjadi masalah adalah, sudahkah anda menemukan passion anda? Sudahkah anda mendefinisikan apa yang anda benar-benar inginkan dalam hidup?

Kebanyakan orang masih tersesat membiarkan hidupnya mengalir tanpa mengarah kepada satu tujuan pasti. Well, saya pun belum dapat mendefinisikan dengan pasti apa yang benar-benar saya tuju. But i’ll keep on trying.

Overall, this is a very insightful book. Saya sangat merekomendasikan anda untuk membaca buku ini, terutama anak muda yang akan masuk ke “dunia kerja” (meskipun kalau anda kalau anda bekerja sesuai di bidang yang selaras dengan passion anda, anda tidak akan pernah bekerja – interesting).

Ada yang sudah membaca buku ini? Silahkan berbagi pendapat anda di kolom komentar πŸ™‚