Kemarin lusa, di luar ruangan salah satu sesi pelatihan K-System bertajuk Road To Manager, ( Kompilasi Bussiness Training 1, 2, dan 3), saya mendapat ilmu yan sangat menarik. Aha, inilah yang saya suka dari bisnis MLM. Di saat para leader berkumpul, biasanya ada ilmu pengembangan diri yang keluar dari obrolan mereka. Menarik sekali. dan kemarin, saya mendapat kan ilmu yang menarik tentang Teori Broken Window, dari seorang Diamond Manager Leaders Club yang cukup ternama di Bandung. Beliau mendapatkan ilmu ini dari buku Re-code Your Change DNA, karya Rhenald Kasali.

Hal yang saya tabgkap dari teori broken window ini adalah, sesuatu yang besar, di mulai dari hal-hal kecil yang biasanya kita anggap sepele. Jika ada berjejer jendela dan salah satu jendelanya pecah, hal tersebut akan memacu orang untuk memecahkan jendela – jendela lain. Jika di suatu tempat ada seseorang yang membuang satu sampah bungkus permen, hal ini akan memicu orang untuk ikut membuang sampah bungkus permen lainnya, dan lama kelamaan, akan bertambah dari sampah bungkus permen, sampah botol plastik, sampah bungkus makanan, sampah puntung rokok, hingga sampah sampah lainnya dan menyebabkan tempat tadi tidak indah lagi. Hal tersebut juga berlaku dengan pribadi kita, sering kali kita begitu ingin berubah ke arah yang lebih baik, namun ada sesuatu hal kecil yang kita anggap sepele, yang tidak selaras dengan tujuan dari perubahan kita, maka perubahan yang kita wujudkan tidak terwujud. 🙂 saya tersenyum tersindir saat mendapatkan konsep ini. Betul juga ya? 🙂

lakukan perubahan dimulai dari hal kecil yang kita angap sepele, dan hal kecil tersebut akan memacu perubahan – perubahan lain yang lebih besar.

Konsep ini mencerahkan sekali untuk saya. Bagaimana dengan Anda?

Untuk infomasi lebih lanjut tentang teori ini, silahkan anda googling. Atau agar lebih afdol, langsung saja beli buku Re-code Your Change DNA, karya Rhenald Kasali. ( ahaha, jadi promosi. 😛 )

Semoga bermanfaat,
Salam saya,
Fikri.