Fire Disaster

Image is courtesy of millzero: Fire: Disaster in the city

Sudah pernah nonton film Kungfu Panda? Ada beberapa kalimat yang sangat saya suka dari film animasi yang dirilis beberapa tahun yang lalu itu. Salah satu yang paling saya suka adalah kalimat yang diucapkan Master Oogway ketika Master Shifu tergopoh-gopoh datang ke bukit dan mengabarkan kabar burukatu bahwa Tai Lung (murid terkuatnya yang berubah menjadi jahat) berhasil kabur dari penjara:

Shifu, There is no good or bad news. There is only news.

Shifu, tidak ada kabar baik atau kabar buruk. Yang ada hanya kabar.

Seseorang pernah berkata, yang disebut realitas sebenarnya adalah persepsi yang muncul dikepala kita terhadap suatu hal, bukannya hal tersebut sendiri.

Anda terlambat datang ke kampus. Musibah atau anugerah?

Umumnya mungkin berkata musibah, karena anda datang terlambat. Tapi jika ternyata dengan keterlambatan anda tersebut anda bertemu dengan orang yang akhirnya menjadi pasangan hidup anda, apakah hal tersebut tetap menjadi musibah?

Atau anugerah?

India dijajah Inggris beratus-ratus tahun. Tapi karena hal tersebut, tokoh sekarismatik Mahatma Gandhi muncul.

Jepang tidak memiliki sumber daya alam. Tapi karena hal tersebut, jepang belajar keras untuk menjadi negara industri yang mengimpor barang mentah dan mengekspor produk jadi yang sudah melambung tinggi nilai ekonomisnya. Sekarang Jepang makmur.

Software open source b2log dihentikan pengembangannya. Bagi Matt Mullenweg hal tersebut ternyata menjadi anugerah karena dari titik tersebut dia mengembangkan WordPress yang akhirnya menjadi platform blogging paling populer 5 tahun kemudian.

Komputer yang ada ditahun 1970an mahal, besar, dan tidak bisa diakses oleh kebanyakan orang. Bagi Steve Wozniak dan Steve Jobs menjadi anugerah karena dari era tersebut, revolusi personal computer yang mereka mulai terjadi.

Satu masalah yang sama, dimata beberapa orang dapat dilihat sebagai hambatan untuk mencapai tujuan, tapi dimata orang lain terlihat sebagai “tantangan untuk dipecahkan” yang dapat membawa mereka untuk “naik kelas”.

Sekarang lihat Indonesia. Lihat di keadaan bangsa ini di surat kabar. Lihat kabar bangsa terkini di televisi. Cari tahu keadaan terkini bangsa ini di internet.

Musibah atau anugerah?

Sekarang lihat kehidupan anda. Begitu banyak masalah, begitu banyak rintangan, begitu banyak hal yang membuat anda kesulitan mencapai tujuan anda.

Musibah atau anugerah?

Selamat merenung.

Anyway, selamat hari Jum’at, kawan-kawan šŸ™‚