Tips Pola Makan Yang Sehat : Ternyata Pola Makan Tiga Kali Sehari Kurang Bagus

Makanan. Image dari <a href=

Makanan. Image dari http://aboutmiracle.wordpress.com/2007/10/07/tips-menghadap-hidangan

Kita sebagai warga negara Indonesia terbiasa makan tiga kali sehari, dengan nasi sebagai “menu wajib”. Belum bisa dikatakan makan jika tanpa nasi. Makan tanpa nasi digolongkan sebagai ngemil, tidak lebih.

Masalahnya adalah, apakah pola makan seperti itu sehat?

Beberapa hari yang lalu saya ngobrol dengan seorang kawan dari Bandung Rukyat Center (Lembaga pengobatan Ala Nabi), dan hasil obrolan tersebut, cukup mengejutkan saya :

Pola makan tiga kali sehari dengan nasi sebagai menu utama ternyata kurang sehat.

Mengapa? Karena suplai karbohidratnya jadi berlebihan. Jika ditilik efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi jika dibiasakan seperti itu.
Pantas banya penderita diabetes di Indonesia :P

Pola makan yang lebih sehat : Lima kali sehari.

  • Makan pagi cukup roti dan susu. Sedikit karbohidrat saja. Hindari makan kenyang di pagi hari karena akan membuat ngantuk. Jika anda makan kenyang di pagi hari, energi yang seharusnya digunakan untuk beraktifitas malah habis ke perut anda.
  • 3 jam setelah makan pagi, makan makanan ringan seperti roti. Setiap 3 jam, perut pasti merasa lapar
  • Makan siang, silahkan makan lengkap. Nasi, lauk pauk dan sayur mayur. Tapi selalu ingat : Berhenti sebelum kenyang!
  • Sore hari, ba’da ashar, makan – makanan ringan lagi. Snack sore seperti kolak, bubur kacang hijau, atau mungkin buah – buahan bisa jadi pilihan.
  • malam, makan lengkap. Usahakan makan malam 3 jam dari waktu tidur anda, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.

Yep, itu pola yang direkomendasikan kawan saya. kalau diperhatikan, sebenarnya ada polanya : Makan setiap 3 jam sekali, karena perut memang merasa lapar setiap 3 jam sekali, namun kadarnya terkait dengan waktu.

Catatan tambahan :

Jika anda hendak memakan buah, makanlah buah sebelum anda memakan makanan lengkap. Orang Indonesia terbiasa memakan buah – buahan setelah makan nasi, dan ternyata pola ini kurang baik. Makan buah dulou baru makan berat. Ketika saya menanyakan hal ini ke ahli kimia makanan, ternyata memang ada alasan ilmiahnya : Buah sebaiknya di makan lebih dahulu agar mikronutrisi dari buah masuk duluan. ;)

Well, Semoga bermanfaat! :D

52 thoughts on “Tips Pola Makan Yang Sehat : Ternyata Pola Makan Tiga Kali Sehari Kurang Bagus

  1. wie

    Walah, itu malah bikin tambun …. Jangan makan malam. Cukup sore saja jam 5, dengan sedikit karbohidrat …

    five years and four months ago December 15, 2008
    • Fikri Rasyid

      Wow, thnx atas masukannya. :D

      Membuat tambun? Well, masukan teman saya dari Bandung Rukyah Center sih seperti ini. Makan malamnya 3 jam sebelum waktu tidur, agar sebelum tidur makanan sudah selesai dicerna. Jadi kalau tidur jam 10, paling lambat jam 7 atau ba’da magrib sudah makan lah.

      Saya rasa selaras dengan banyak tip diet yang mengatakan agar makan di bawah jam 7 ;) kalau makannya hanya jam 5 saja, jam 8 sudah lapar lagi dong :)

      five years and four months ago December 16, 2008
    • apa pola makan sehari 5 kali nggak malah jadi gendut ya.terlebih menu yang dimakan sediki berat.apa nggak lebih baik sehari 3 kali ja kali ya

      four years and two months ago February 12, 2010
      • Fikri Rasyid

        wah, kalau 3 kali tapi makannya protein n lemak semua ya lebih parah dong :)

        four years and a month ago February 20, 2010
  2. Jika ada temen2 yang pernah kerja di surveyor ato offshore ato RIG Minyak lepas pantai
    Memang di hitung2 5 kali
    Pagi Jam 5 – 7 itu kantin udah buka, trus jam 7 – 9 kerja
    jam 9 snack & ngopi2, trus kerja, jam 12 Makan siang, jam 13 kerja, trus jam 3 sore snack lagi, biasanya snack itu cuma di kasih waktu 30 menit, setelah itu kerja sampai jam 5, jam 18 – 20 kantin buka untuk makan malam, dan setelah itu tutup dan buka kembali pagi esoknya :)

    Tuh kan … emang 5 kali

    five years and three months ago December 22, 2008
    • Fikri Rasyid

      Yep, mereka mengaplikasikan konsep ini. Saya juga pernah sekolah di boarding school, dan pola makan mereka juga persis seperti ini :D

      five years and three months ago December 22, 2008
      • Japestinho

        Wah sama lah ini sobat…
        sama2 pernah merasakan pola makan yang sangat teratur di sekolah itu..
        tapi sayang sudah tidak pernah lagi dan belum tau kapan akan merasakannya lagi :-D

        hehe…

        five years and three months ago December 23, 2008
  3. arnol

    1. Bukankah Rasullullah makannya hanya 2 kali sehari? kenapa itu yg di tiru? 2 kali sehari itupun secukupnya alias berhenti sebelum kenyang, ini yg patut ditiru.

    2. Rasullullah jg mencontohkan makanan apa saja yg baik untuk tubuh, tidak sembarang makanan.

    jadi kesimpulan saya, yg harus dilakukan itu kualitas makanan, bukan kuantitas makanan!

    pola makan 5 kali sehari itu boleh tau dasarnya dr mana? dari pengetahuan modern ya?

    five years and two months ago February 04, 2009
    • Fikri Rasyid

      Kualitas dan Kuantitas dua duanya harus seimbang.

      Pola lima makan sehari itu bukan berarti makan berat semua. Perhatikan ulang baik – baik “kualitas” atau konten makanan di tiap – tiap “jam makan”. Pola makan seperti ini tidak akan membuat anda kekenyangan kan? ;)

      Informasi pola kuantitas dan kualitas makanan ini saya dapatkan informasinya dari kawan saya dari Bandung Rukyat Center yang sehari hari mengaplikasikan Pengobatan Ala Nabi ( Thibbun Nabawi ). Sekali lagi, perhatikan ulang post diatas.

      Ngomong2, boleh tahu sumber informasi yang mengatakan Rasulullah hanya makan 2 hari sekali? Saya jadi ingin mengetahui lebih jauh.

      five years and two months ago February 05, 2009
  4. bagaimana cara pola makan yang baik terhadap lingkungan di sekitar kita

    five years and less then a month ago March 31, 2009
  5. phily

    apa bener seperti ini, Tips Pola Makan Yang Sehatini?

    sedikit menyakal. ini menurut keyakinan saya, orang yang makan 2 kali sehari(24jam) akan lebih sehat dari pada makan 5 kali sehari dengan menu2 seperti yang di sebutkan diatas. itu akan lebih membuat rakyat indonesia kadar gula dalam darah akan tinggi. yang nyata dan logis donk?

    saya setuju dengan comment Arnol

    four years and ten months ago June 14, 2009
  6. Fikri Rasyid

    @phily

    boleh saya tahu, keyakinan anda berdasarkan teori dan rujukan yang mana y? Saya juga ingin baca referensi anda :)

    Yang saya utarakan di post diatas, berdasarkan perbincangan saya dengan seorang kawan yang mendalami pengobatan ala nabi. Saya juga crosscheck ke ahli gizi yang saya kenal dan beliau meng-iyakan pola ini :)

    four years and ten months ago June 16, 2009
  7. WonderfuLL BLogg..
    Buat Bahan Referensi boLeh Ngga?
    Hehee..
    =)

    four years and seven months ago September 07, 2009
    • Fikri Rasyid

      @Diann

      Silahkan :)

      four years and seven months ago September 13, 2009
  8. Ridwan

    klo makan malam, menunya harus apa??

    four years and three months ago December 28, 2009
  9. chooey

    hai fikri? (sok kenal mode on)…lagi nyari tulisan tentang pola makan sehat ternyata ketemu blog kamu lagi (eh, ini website yah? maap)..hehe..keren lah..berguna banget…
    ternyata saya gak salah kalo hampir tiap hari selalu sarapan ceremix sama biskuit marie (bukan karena pengen sehat juga tapi mepet waktu kuliah jam 7)hehe…

    four years and three months ago December 30, 2009
  10. saya izin kutip untuk dimuat di blog saya ya.. :)
    sumbernya tetap saya sertakan..
    jazakallah khair

    four years and three months ago January 17, 2010
  11. keren keren,tp kok kykx njelimet y,,

    four years and two months ago January 23, 2010
  12. oh begitu. saya baru tau. tapi ini bener gak? nanti malah salah lagi. terima kasih infonya ya.

    four years and two months ago February 07, 2010
  13. aslmkm.ijin copy paste ya.nara sumber ttp saya cantumkan

    four years and two months ago February 11, 2010
    • Fikri Rasyid

      selama link ke artikel asli dicantumkan dan diberi keterangan bahwa artikel tersebut di copy dari blog saya sih silahkan. tapi mengapa tidak menulis konten anda sendiri saja?

      four years and a month ago February 20, 2010
  14. alhamdulillah saya mendapatkan info yang penting banget, afwan, menurut saya buat mb2 dan mas2 diatas sebaiknya kita menyesuaikan pola makan kita dengan keadaan fisik kita dan juga srek di hati, pola makan 2x ataukah 5 x itu tdak masalah aslkan kita sanggup melkasnakan sih oke2 saja gto kan………… dari pada di paksa 2 x sehari malah bikin perut tersiksa…. iya kan… jadi makan yang perlu diperhatikan adalah apa yang di makan , asupan gizinya, dan kebersihannya ajah itu sudah cukup, ( ini menurutku jd jngn di cari rev yaw………

    four years and a month ago March 01, 2010
  15. makasih info nya

    four years and a month ago March 09, 2010
  16. Saya Sebagai Anak petani juga 5x sehari.
    1. Jam 6 Pagi Makan Nasi + Teh,
    2. Jam 11 Snack + Ngopi
    3. Jam 1 Makan Nasi
    4. Jam 4 Snack / Buah2
    5. Jam 8 Makan malam, mie tepung, kadang2 nasi/roti2an

    Badan Kami g’ Gemuk g’ Juga kurus.
    Karena kami petani g’ payah Olah Raga

    Mungkin Tips kawan diatas 5 waktu makan + Olah Raga Juga!

    four years and a month ago March 14, 2010
    • waw, thanks for sharing it :D

      four years and a month ago March 17, 2010
  17. aku orange gampang gndut, tp mkin stress mkin bnyak makane.ksih tips dunk biar g stress n gndut??tx

    four years and a month ago March 16, 2010
  18. yang pernah q denger,,pola makan yang baik itu dalam jumlah sedikit tapi sering (kata ahli gizi)
    ya semua dikembalikan ke kita dong,, apa dan seberapa banyak jumlah yang dibutuhkan tubuh kita. jadi ga masalah meski makan 5x sehari tapi kita tahu apa dan berapa banyak yang harus kita konsumsi. karna aktifitas tiap orang kan berbeda,,jadi kita juga butuh tenaga dari makanan kan….
    intinya… kita ga asal makan..

    four years and less then a month ago April 11, 2010
  19. Roti bukanya bkin gemuk ?? Kecuali roti gandum ..
    Tp jarg org jual .. Jd males belinyaa ..

    Klo aq sih setuju aj 5 kali makan .. Tp degn makn yg bergizi sama porsinya juga dikurangin ..
    Mksdnya dlm porsi yg kecil .. Tahan nafsu kalo pgen namabah .. Berhenti sebelum kenyg itu lbh baik ..

    four years and less then a month ago April 17, 2010
  20. 3 x sehari kurang sehat bgaimna dengan 5 x sehari dunkz…..

    four years and less then a month ago April 19, 2010
  21. Makan yang baik, boleh 2x, 3x, ataupun 5x.
    Asalkan diawali dengan doa…;-) Makan buah sebelum makan lengkap jg baik, karena membuat perut lebih berisi n melengkapi kebutuhan hdp akan vitamin dr buah yg dikonsumsi..
    Masalah kuantitas or kualitas, kyknya baik kl dilihat dr aktivitas, tenaga yg kan dipakai n jenis makanan itu sendiri, N jgn lp, menguyah makanan “dengan baik” jg jurus jitu buat badan ttp fit n makan jd cukup buat bdn.

    Terlalu banyak goreng2an, bersantan, pedas, n dingin jg gak baik buat badan kita. N satu hal yang pasti, perbanyak minum air putih, terbukti baik untuk mengurangi nafsu makan, melancarkan pencernaan n peredaran darah, buta kulit kinclong n murah meriah, ketimbang bl soft drink…

    So, intinya mah, dilihat dari kebutuhan tenaga yg akan dipakai… N makan sebelum lapar-berhenti sebelum kenyang…^_^

    three years and eleven months ago May 08, 2010
  22. Sarapan pagi dengan minuman seperti seral seperti Ernergen apa bagus ?

    three years and eleven months ago May 09, 2010
    • @dadik setijadi

      bagus jga,,yang nama@ gandum itu sangat bernutrisi…

      tapi kalau boleh kasih saran…

      buat smua yang udah chatt d forum ini…

      betul yang dikatakan oleh fikri rasyid,makan buah sebelum makan makanan lengkap or berat(nasi)

      yang pertama, makan buah jam 8 pagi, alsn:saat pg tubuh membutuhkan nutrisi utk aktifitas kt d pg hari.(jangan makan nasi dlu baru makan buah,karena hal itu akan menjadi kita ngantuk dan nutrisi buah tidak akan optimal d serap oleh tubuh/sia-sia) yang kedua, setelah 3 jam tubuh akan merasa lapar,jadi jam 11 kt bisa memakan roti gandum,alsn: roti gandum cukup nutrisi yang d butuhkan oleh tubuh. yang ketiga, makan siang jam 1-2 siang, (makan lengkap)nasi,lauk,pauk,sayur-mayur…(kalau bisa yg rebusan). yang keempat, setelah ashar kita bisa makan cemilan sehat roti gandum,bubur kacang hijau or buah2an. yang kelima, makan malam sebelum jam 8(makan lengkap)nasi,lauk,pauk,sayur-mayur lagi..

      ket: jangan lupa berolah raga(bisa fitness,sepak bola,…)

      three years and ten months ago May 26, 2010
  23. Dapet ilmu ni gw..
    tp bwt anak kos cukup sulit nerapin pola makan spt itu.. :D

    three years and ten months ago June 16, 2010
    • Wah, untuk anak kos mah dibutuhkan strategi tambahan :P

      three years and ten months ago June 18, 2010
  24. wew…keren!yup setuju bgt dgn Mr. Fikri. Pola makan 5 kali sehari?? gw setuju bgt. berdasarkan pengalaman buruk gw, yg harus rawat inap di R.S. Jam Makan benar2 teratur yaitu 5X!! sbb :

    jam 7 : sarapan nasi + lauk pauk sehat
    jam 10 : bubur kacang ijo + snack
    jam 12 : makan siang
    jam 3 : snack + buah
    jam 6 : makan malam

    nah loh bener dah tuh makan nasinya cm 2 kali sisanya snack + buah..thanks Mr. Fikri

    three years and ten months ago June 22, 2010
    • Wow, nice to hear that :)

      three years and ten months ago June 22, 2010
  25. wah . . .
    cpet gemuk kali ya, makan tiap hari 5 kali.
    saya rasa 3 kali tu dah cukup. . .
    yang penting kualitas makanannya baik n teratur, bukan banyak sedikitnya makannya!

    three years and eight months ago July 26, 2010
    • tolong dibaca baik2 sekali lagi ya, itu bukan tentang sedikit banyaknya makanan! (saya pakai tanda seru biar sama dengan anda. kenapa tidak pakai titik saja sih?) tapi tentang frekuensi.

      frekuensinya diperbanyak, jumlahnya diperkecil. baca lagi baik2.

      dan jangan gunakan tanda seru kecuali untuk berteriak secara teks atau menunjukkan perintah.

      three years and eight months ago July 28, 2010
  26. hehe…
    adanya nasi mulu di rumah…
    kenapa mkan buah sblum mkn mkanan berat..???lah bermasalah gak klo mkn buah nya abis mkn?terus buah yang baik contohnya ap mas??

    three years and eight months ago July 31, 2010
    • setahu saya, agar vitaminnya diserap dulu. vitamin itu (CMIIW) hanya berguna dalam jangka waktu tertentu. Anda makan dua kilo hari ini padahal tubuh hari ini hanya butuh 100 gram, yang diserap hanya 100 gram. Sisanya dibuang.

      three years and eight months ago August 06, 2010
  27. I agree with you. we should diet

    three years and eight months ago August 01, 2010
  28. trimakasih atas info y,,,mdah2n bisa saya terapkan sehari2,,^_^

    three years and eight months ago August 04, 2010
  29. mangga

    benar..
    lebih baik mkan 5 kali dgn porsi kecil drpd 3x dgn porsi(nasi) besar.
    kalau porsi mkan kita besar , bnyk mkanan yg ditimbun , bkn dgunakan untuk energi semuanya..
    d gym bbrp org jg mengaplikasikan konsep ini..

    three years and seven months ago September 18, 2010
    • wah, gym2 juga suka menyarankan yang seperti itu? Baru tahu saya. Thanks untuk sharingnya ya :D

      three years and seven months ago September 18, 2010
  30. mas fikri saya agk kshan,pdahal smua ini sgt baik,tpi igt ktka kita mlakukan ssuatu mmg ada yg snang dan yg tdk,tntu pro dan kontra itu dtgnya dari faktor2 yg brda,dan percyalah semua kalo mas fikri mnykapi sbga ujian insya akn mnmkan hasil kemanisannya ujian..
    trus smgt dijalan kebaikan ..!!!
    bt tmen2 yg kontra dg argument diats mgkn kalian mmndang dari sudut yg bda..jngn hanya menyalahkan..tapi coba kita semua mengisi kekurangan tadi dg cra yg baik,shgga tdk ada yg mrasa yg trsakiti..
    trmksh..

    three years and six months ago September 28, 2010
    • Trims. Haha, saya mah santei aja :)

      three years and six months ago September 30, 2010
  31. tapi kalo di pikir” pola seperti ini kandungan kalori yang masuk masih sedikit….tidak sesuai malah sama itung”an yang dibutuhkan untuk tubuh dalam hal kalori….
    kalo menurut saya ini merupakan pola untuk mempertahankan berat badan…..

    nice share

    three years and six months ago October 15, 2010
    • jadi idealnya bagaimana? Thanks anyway :)

      three years and six months ago October 15, 2010
  32. nadiah

    great note^^
    boleh ijin copas???

    three years and six months ago October 16, 2010
    • silahkan asal dicantumkan link ke tulisan asal. Tapi daripada copas, saya lebih sarankan kamu merekomendasikan tulisan ini dengan berbagi alamat tulisan ini saja. kalau kamu mau mempublikasikan tulisan, lebih baik tulisanmu sendiri :)

      three years and six months ago October 17, 2010
  33. putri

    mas,,, sebenarnya cukup bagus siech kalau dijalankan secara kontinu,,, tapi kalau boleh protes pasti butuh dana yang lebih besar dibanding pola makannya mahasiswa,,,, punya saran mungkin mas….???
    hehehehehehe……..

    three years and five months ago October 26, 2010
    • Kalau masalahnya dana, saran saya adalah: Cari penghasilan ;)

      three years and five months ago October 27, 2010

Comment is closed.

Contact us if you have something important to say about this topic.