Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dan Membeli Yoghurt Buatan Sendiri

Peach & Strawberry Yoghurt Parfaits by happy homebaker
Peach & Strawberry Yoghurt Parfaits by happy homebaker

Saya yakin beberapa diantara anda menyukai yoghurt, si susu fermentasi berasa asam yang memiliki khasiat baik untuk tubuh: mulai dari memperlancar masalah pencernaan, menurunkan berat badan (ada yang sedang diet? ;) ), juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika diminum secara teratur (source: hanyawanita.com )

Ada banyak yoghurt yang dijual di luar sana. Berbagai merek tersedia dalam berbagai range harga. Namun pernahkah terpikir oleh anda untuk membuat yoghurt sendiri? Terlepas dari isu zat aditif yang digunakan oleh produsen untuk membuat produk mereka tahan dalam mengarungi mata rantai distribusi, memasak bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan kan? ;)

Beruntungnya, saya mendapatkan tips ini dari seseorang yang kompeten. Tidak lain dan tidak bukan adalah Kakak saya sendiri :) Beliau adalah lulusan pendidikan kimia Universitas Pendidikan Indonesia, merangkap Mahasiswa teknologi pangan Universitas Padjajaran semester 6, juga pembicara produk dari salah satu perusahaan makanan kesehatan besar di Indonesia, yang juga hobi membuat yoghurt :D selalu ada yoghurt buatan beliau di kulkas rumah kami :D

Caranya ternyata sederhana saja:

  1. Sediakan susu murni segar. Susu murni segar y, BUKAN susu dalam kemasan bebentuk bubuk, kental manis atau yang sudah di kemas dalam kotak karton. Alasannya?  Tidak efisien. Saran: coba beli langsung ke peternak sapi perah atau koperasi peternak susu. Bisa dicari di lembang atau di kandang sapi perah peternakan UNPAD. Alamat kontaknya silahkan di googling saja y :)
  2. Pasteurisasi / Sterilkan susu tersebut. Caranya, panaskan susu tersebut hingga suhu 73 derajat celcius selama 15 menit. Gunakan panci, kompor dan termometer dalam langkah ini.

    Pasteurisasi yoghut. Di panaskan dalam suhu 73 derajat celcius selama 15 menit
    Pasteurisasi yoghut. Di panaskan dalam suhu 73 derajat celcius selama 15 menit
  3. Sekarang tahapan kulturisasi, atau dalam bahasa sederhananya: Masukkan bibit yoghurtnya. Yang dimaksud dengan bibit yoghurt disini ya yoghurt yang sudah jadi. Kombinasinya: Bibit yoghurt 5% dari jumlah susu. Jadi jika susu  yang anda mau jadikan yoghurt adalah satu liter, masukkan 0.05 liter yoghurt yang sudah jadi kedalam susu yang sudah di pasteurisasi tersebut. Dapat yoghurt yang sudah jadi dimana? Anda bisa meluncur ke minimarket terdekat :)

    Kotak inkubasi yoghurt. Buat dari kardus yang dillubangi, lalu di pasang bohlam. As easy as that :D
    Kotak inkubasi yoghurt. Buat dari kardus yang dillubangi, lalu di pasang bohlam. As easy as that :D
  4. Tahapan selanjutnya: Inkubasi. Hangatkah susu yang sudah dikulturkan tersebut dalam suhu 45 derajat celcius selama 8 jam. Prakteknya seperti ini: Kardus, di tempeli lampu bohlam (yang diatur agar lampu bohlam tersebut bisa dinyalakan sehingga mampu memberikan kehangatan kepada susu tersebut) lalu di beri dua lubang untuk ventilasi. Masukan susu yang sudah di kulturkan ke dalam botol atau tupperware (aduh, jadi nyebut merek :P) lalu taruh di dalam kerdus tersebut selama 8 jam. Nyalakan lampunya selama susu berada di dalam kardus tersebut.
  5. Setelah, 8 jam? Yoghurt siap disantap! kalau kami biasa dinginkan dulu yoghurtnya di dalam kulkas agar lebih mantap :D

    Yoghurt segar alami siap disantap! :D
    Yoghurt segar alami siap disantap! :D

Hasilnya nanti seperti ini, yoghurt dengan rasa susu yang sangat terasa. Lain dengan yang di jual di pasaran deh. Beda tipis dengan yoghurt cisangkuy lah :P. Coba lihat video dimana saya menjelaskan seperti apa yoghurt ini:

Mudah kan? Sederhananya hanya 4 langkah saja:

  1. Pasteurisasi - panaskan dalam suhu 73 derajat celcius selama 15 menit
  2. Kulturisasi - masukan bibit yoghurt sebanyak 5% dari jumlah susu
  3. Inkubasi - hangatkan dalam suhu 45 derajat celcius selama 8 jam
  4. Dinginkan - masukkan ke dalam kulkas.

Menyantapnya bisa langsung (tapi tambahkan gula dulu agar manis) atau di blender dengan buah – sehingga jadi yoghurt dengan rasa buat – ASLI! :D

Tertarik? Anda bisa mencoba membuatnya. Namun untuk anda yang tidak memiliki waktu untuk membuatnya (FYI, sebelum kombinasi nikmat yang sekarang jadi, kami sekeluarga mencicipi hasil eksperimen yang belum berhasil selama satu bulan lebih loh :P ) anda bisa memesannya langsung kepada kakak saya.

Harganya? Hanya Rp 15,000 / liter. Lima belas ribu rupiah per liter.

Murah kan? ;)

FYI, Jika anda berada di wilayah Bandung, bisa delivery service / layanan antar juga. charge Rp 5,000 biaya transportnya. Untuk pembelian diatas 5 liter, biaya transport gratis :D

Amazing kan? ;)

Untuk pemesanan, silahkan langsung hubungi Kakak saya saja y:

Sany Ulfah Mumtazah
022 70884836
http://id-id.facebook.com/people/Sany-Ulfah-Mumtazah/1357942098

Oya. Saran saya, jika pemesanan ingin menjadi lebih lancar, katakan saja bahwa anda mendapat informasi mengenai yoghurt tersebut dari fikrirasyid.com , blog Adiknya :)

Selamat menikmati yoghurt! :D

113 thoughts on “Cara Membuat Yoghurt Sendiri Dan Membeli Yoghurt Buatan Sendiri

  1. Astaga… betapa nikmatnya itu Fik. Sebagai penggemar yoghurt, lo harus membiarkan gw untuk mencicipinya bos :D

    Langsung deh masuk Bandungkeun ini mah atau jadi produknya Bandungkeun hihi.. Ajib-ajib!!

    1. buat yogurtnya sederhana banget ya, skr sdh ada yogurt maker yg lebih terjamin prebiotiknya dan lebih sehat, ez-yo yogurt maker tersedia di pantai indah kapuk rukan cordoba A35 dekat water boom telp.56983610-11, cara pembuatannya hampir sama 1 cup biokul + 1 liter susu murni (bisa dibeli di minimarket), aduk yg rata masak di ez-yo yogurt maker -+8 jadi, kalo bisa dinginkan dulu di kulkas baru disantap, enak, sehat dan terjamin prebiotiknya. jangan asal buat yogurt, perhatikan jaminan prebiotiknya utk kesehatan.

  2. Mas, Saya sudah coba membuat yoghurt seperci cara diatas. cuman karena nggak tahu tempat mendapatkan susu segar di Surabaya, maka saya ganti susu UHT.

    setelah proses inkubasi 8 Jam lebih (ketiduran. he he he) saya coba buka botolnya, susunya berubah menjadi semacam Tofu yang lembut banget gitu. tapi gak ada aroma khas yoghurt, rasanya pun nggak masam.

    akhirnya yoghurtnya saya masukkan inkubator lagi tanpa lampu, selama 2 jam, baru rasanya agak asam. cuman sekarang kok di yoghurtnya ada semacam cairan agak kental berwarna bening, rasanya asam.

    berhasilkah proses pembuatan yoghurt saya ?

    thx

    1. Sepertinya komposisinya belum pas. Kita disini juga trial n error dulu sih :)

      Di bagian atasnya memang suka ada cairan kuning kental yang asam begitu. Maka dari itu, saat mengkonsumsinya kita blender dahulu :D

      1. Mo tanya, tupperware-nya bowl atau tupperware yg bertutup? Pls, reply ya, saya mo coba buat yoghurt, lagi belajar menyediakan makanan sehat buat keluarga.

    2. Yup, yoghurt yang anda buat sudah setengah jadi. Coba anda ganti lampu bohlam yang digunakan dengan watt yang lebih besar. Atur lubang pada kardus sehingga suhu inkubator buatan cocok…

      Dengan suhu dan waktu yang cocok, yoghurt akan terbentuk…

      Bahan baku dengan susu UHT juga tidak masalah, tapi kalau di tinjau dari biaya produksi, jadi lebih tinggi.

      1. oh gitu yah. sip sip. terimakasih info nya.

        btw saya pake susu UHT karena yoghurtnya dikonsumsi sendiri, bukan untuk dijual. Dan kebetulan anak saya minum susu UHT, jadi susu itu yang dipake percobaan oleh ayahnya. hua ha ha ha

        Alhamdulillah anak saya yg umur 4th suka sekali yoghurt buatan sendiri, yang diblender dengan syrup, buah maupun susu UHT yg ada rasanya. sehari bisa habis 1 gelas dibagi pagi dan sore.

        sekali lagi terimakasih info nya

    3. Untuk mendapatkan susu sapi segar di Surabaya bisa menghubungi Susu Sapi Mulia di no.telp 031-8965381, melayani pengiriman susu segar di seluruh Surabaya dan Sidoarjo. Untuk lebih jelasnya bisa ditelpon.

  3. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya ada di Jakarta. Apa bisa juga delivery dengan biaya antar ‘goceng’ ? He .. he .. Soalnya yang saya biasa beli di sini harganya 2x lebih mahal perliternya. Buka cabang di Jakarta ga ? Tq.

  4. mau tanya dunk…

    waktu ngasih bibit yoghurt, susu yang d panaskan masih dalam keadaan d atas kompor (suhu 73 derajat ) atau pd suhu dbawah itu ???

    terus ..

    waku inkubasi wadah penyimpanan yoghurt harus d tutup rapat or gak ???

    makasih.. :))

    1. kalau saya, setelah dipanaskan maka susu dibiarkan menjadi agak dingin dulu (kalo gak salah hangat hangat kuku yah istilahnya) setelah itu baru bibit yoghurt dimasukkan

      saya pernah baca katanya bakteri di yoghurt akan mati bila terkena suhu tingi.

      kemudian waktu inkubasi, wadah ditutup serapat mungkin supaya tidak ada kuman / bakteri lain yang masuk

      CMIIW

    1. @yeni

      Bu Yeni yang baik, belinya di supermarket juga bisa. Cari yoghurt yang plain, atau yang tidak di beri rasa. Merek apa saja juga bisa.

      Demikian, semoga bermanfaat :)

  5. aduuh kayanya gampang ya buatnya, tapi sayang aku ngekos ga da peralatan buat masaknya, sekarang aku dah jualan yogurt tapi masih ambil dari orang cuma kurang kentel,itu yang dikomplain sama customer ku,bisa delivery kejakarta ga ya?? terus ada rasa apa aja? ada yang campuran potongan buahnya ga? mohon di info, kalo boleh langsung dikirim ke alamat email ku. terima kasih Fikri

  6. Dear bro,

    mo tanya…jika dalam pembuatan yogurt ternyata hasilnya tidak sesuai dgn yg diharapkan, apakah akan berbahaya jika tetap di konsumsi ??

    oh iya, jika ada sisa..sebaiknya yogut disimpan dimana?
    apakah cukup di lemari es atau Freezer ??

  7. Salam Mas,

    Barusan aku buat yogurt sendiri. caranya sich sedikit beda.
    Aku buat pake Susu Danone 2 ltr + Yogurt Biokul Plain. Hasilnya Cantik,Solit dan kental (Mirip bubur sumsum he..he..). Yang jadi masalah, kok hambar ya… beda banget ama biokul plain yang rasanya enak banget.

    Mohon pencerahannya ya… Boros nich kalo beli jadi melulu.

    Fariz-Bekasi

  8. @fariz

    he he he kalo rasanya sama kayak biokul, bisa gak laku donk tuh produk.

    selama saya membuat yoghurt, memang gak pernah seenak yoghurt plain buatan pabrik. gak tahu kenapa, mungkin yg dipabrik sudah ada tambahan zat ini itu.

    nah supaya rasanya enak, ambil buah yg disuka, blender jadi satu dengan yoghurtnya :P

  9. @Mahendra & fariz & uskasin

    hmm.. saya kurang paham mengenai yoghurt sih. Yang paham kakak saya. Di rumah saya tinggal minum saja :P

    Kalau yang dirumah, bentuknya seperti tofu.. agak padat lembut seperti itu. dan aroma susunya sangat terasa. di tambah gula saja sudah cukup nikmat :)

  10. ka, kalo hasilnya atasnya kaya ada cairan gt bnr ga? trus katanya diblender aja, kalo diblender emg ga keenceran jadinya? tlg jawab ya ka :) mksh

  11. mas mau nanya ne,,
    sebelumnya saya tertarik dengan yoghurt ini ,kyaknya di tempat saya bisa di jadiin usaha ne mas,tapi saya adalah orang yang sebelimnya tidak tahu sama sekali cara pembuatan yoghurt,yang saya tanyakan ehm…..seperti artikel diatas berarti bibit yoghurt itu berasal dari yoghurt itu sendiri ya? kalau begitu seumpamanya saya membuat yoghurt dan berhasil,untuk pembuatan yoghurt selanjutnya saya bisa memberi bibit yoghurt dengan yoghurt buatan saya dunk mas! tolong balasan n bimbinganya ya mas thx…………

  12. Mas, mau ga ajari saya di semarang ? kompensasinya 1 jt kalau memang bs berhasil. mhn hub saya di 024 6717505… ASAP yach…. urgent :)

  13. bukan yang punya web, tapi coba bantu jawab :

    @areef
    kalau mau gampang, untuk coba coba, beli susu kemasan aja. sudah hygienis, tinggal menghangatkan. ntar kalo dah berhasil, coba pake susu segar

    @erik
    bibit silahkan beli disupermarket. cari yoghurt yg plain (tanpa rasa). yoghurtnya cari yg jualnya di rak pendingin

    @tasya
    iya ada cairan bening kekuningan. gak usah diblender, aduk dengan sendok aja :D

    @friged
    yoghurt dari buatan sendiri, bisa dijadikan sebagai bibit untuk pembuatan yoghurt berikutnya

    @henry
    saya minggu kemaren dari semarang mas

    @wede
    setahu saya bohlam digunakan untuk menjaga suhu supaya hangat. kalo neon khan gak panas, jadi gak bisa dipake

  14. Kang, kemarin saya mencoba utk membuat yoghurt tapi ko hasilnya tidak seperti apa yang saya harapkan. padahal saya sudah mengikuti apa yang anda contohkan. yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah pasturisasinya itu hrs 73 derajat ?
    2. Dalam mengkulturkannya susu dalam keadaan msh panas atau sdh dingin
    3. cara inkubasinya, wadah susu dalam keadaan tertutup apa terbuka. dan
    6. apakah dus bisa kita ganti dgn menggunakan termos es yg teleh kita beri lampu.
    Kiranyanya cukup sekian dulu pertanyaan dari saya

    Terimakasih

  15. Penjelasannya bagus bgt….thank’s….cm aq mo tnya donk susunya dipanaskan 75derajat truz tunggu lgi 15mnt ato dimasak 15mnt aja hinggaitu 75derajat, n klo ngukur pk termometer itu bisa dibeli dimana yaaa….., soalnya aq prnh bkn tapi mgkn krn suhunya yg gak pas shg yoghurtnya tdk jd, so plzz…ksi tao resep yg lbh inti lgi ya….makacih

  16. aku uda pernah bikin yoghurt.. caranya gampang :

    1. susu segar 1 liter di-tim (kaya nge-tim cokelat) sampai air yg bwat nge-tim itu mendidih (bukan susunya yg mendidih), klo uda mendidih susu diangkat dan dibiarkan 1 jam sampai uapnya hilang.

    2. Setelah 1 jam, susu dipindah ke wadah bwat penyimpanan (aku pakenya tupperware :p) truz dikasihin deh tu starternya (bisa pake produk yoghurt yang ada di supermarket, aku pernah coba pake merk “biokul”), aduk rata, tupperware ditutup pake tutupnya truz ditutupin lagi pake serbet (untuk mencegah cahaya masuk), lalu dibiarkan selama 20 jam di suhu ruang (aku taruh aja di atas meja makan gitu :D )

    3. Setelah 20 jam, yoghurt diaduk (coz biasanya ada lapisan kental kekuningan gitu di bagian atasnya), ambil kira2 1 cup yoghurt yg uda diaduk tsb (gunanya sebagai starter untuk pembuatan yoghurt berikutnya), truz yoghurt selain yg di 1 cup itu dikasih gula cair (byar lebih mudah nyampurnya) sesuai selera aja.. truz dimasukin kulkas deh..

    4. Yoghurt siap dinikmati ^^

    oya, dulu aku pernah praktikum nyoba pake susu UHT Ultra tu hasilnya malah lebih yummy tu aromanya, aroma susu yg creamy, manis, slurp enaklah pokoknya dibanding yg pake susu segar biasa (mungkin coz klo susu UHT kan proses sterilisasinya lebih sempurna, sementara klo pake susu segar qta proses sterilisasinya lebih sederhana)

  17. halo fikri aku tinggal di pontianak kalimantan barat n keberatan ga kalo kamu ajarin aku langsung atau praktek langsung apabila aku kebetulan jalan2 k bdg karena sdh lama buanget aku pengen bisa membuat yoghurt siapa tau bs buat bisnis d kalimantan kalo d cisangkui aku sering jg minumnya krn kebetulan aku sma nya d kota kembang

  18. Thank you …
    My team and I, kita lagi disuruh membuktikan fermentasi lemak, so pas lagi google ternyata ketemu ama K’ Fikri yang SEO friendly. :)

    Keep up the good work! Prosedurnya jelas banget n mudah dimengerti … v^_^v

    Salam dari Bali!

    1. haha, sebenernya jadi SEO friendly karena yang menulis topik ini hanya saya :p

      sip, senang bisa membantu. anyway, ini bukan ilmu saya sih. Kakak saya yang punya ilmunya, saya hanya menyampaikan saja :)

  19. @ all…
    susu di pasteurisasi selama 15 menit dan suhunya dijaga konstan dengan cara api-nya di ubah jadi kecil.

    termometer bisa di beli di toko alat kesehatan atau peralatan laboratorium (kalau di bandung, sakura, cbr, dll)

    kultur/starter di masukkan setelah susu didinginkan hingga suhu 40 derajat celcius

    selama proses inkubasi, harus dalam wadah tertutup (kedap) karena harus meminimalisi jumlah oksigen.

    wadah yang digunakan untuk inkubasi sebaiknya dalam kondisi steril. Jika terbuat dari plastik tahan panas (misalnya merk tupperware), di bilas bagian dalam dan tutupnya dengan air mendidih. Jika terbuat dari botol/wadah kaca harus direbus dalam air mendidih minimal 3 menit (lebih baik hasilnya).

    proses inkubasi bergantung pada waktu dan suhu. waktu yang optimal antara 40 – 45 derajat celcius selama 3 – 6 jam. Jika suhunya lebih rendah (suhu ruangan), teksturnya akan menyerupai yoghurt tapi aroma dan rasanya lemah (kurang asam dan tidak khas yoghurt).

    setelah proses inkubasi (tandanya teksturnya seperti tahu), harus di masukkan ke kulkas minimal 3 jam supaya aroma dan rasanya lebih keluar.

    yoghurt yang sudah jadi jika di simpan di suhu ruang bisa bertahan 2 hari, di kulkas bertahan 2 minggu dan di freezer bisa mencapai 6 bulan.

    frozen yoghurt merupakan yoghurt yang di bekukan lalu bisa ditambah dengan buah, sirup, gula, madu, essence atau tambahan lain sesuai selera.

    kami melayani delivery (pengiriman) hanya untuk wilayah bandung dan sekitarnya.

    informasi lebih lanjut boleh menghubungi no hp : 0813 9467 2277 (yg fleksi suka lupa di combo kalau ke luar kota)

    1. Assalamualaikum Wr.Wb.
      Ka Sany, saya mau betanya apakah bahan dasar pembuatan yogurt (susu murni) itu bisa diganti dengan menggunakan bahan yang lain..? misalnya santan kelapa atau susu kedelai ? bagaimana kualitasnya dan manfaatnya apaka sama dengan yogurt yang berbahan dasar dari susu sapi murni, tolong penjelasannya. trimakasih

      1. assalamualaikum wr. wb..
        saya mau tanya, untik proses inkubasi membutuhkan bohlam lampu yg berapa watt?
        saya akan membuat tugas akhir kuliah dngn membuat yoghurt dari susu jagung, kira2 apakah itu bs berhasil?
        diatas tadi tlh dijelaskan bahwa yoghurt tdk akan jadi apabila tdk terdapat gula susu, sehingga dalam pembuatan yoghurt susu kedelai dibutuhkan penambahan susu skim.
        1. untuk pemberian susu skim membutuhkan perbandingan berapa?
        2. Untuk pembuatan yoghurt, pada 1 liter susu sapi membutuhkan “biokul berapa ml / cup ?

        saya benar-benar membutuhka info tersebut
        Terimakasih

        Wassalam

  20. yoghurt sebenarnya produk fermentasi bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus terhadap laktosa (gula susu). Pada susu kedelai dan santan tidak ada laktosanya, jadi kalau mau jadi bahan baku yoghurt harus ditambah susu skim. Tanpa penambahan susu skim, tidak akan jadi yoghurt.

    Perbanyakan kulturnya bisa dari yohurt yang kita buat itu, pisahkan sebagian pada wadah kecil yang tidak akan kita buka, kecuali saat akan digunakan sebagai kultur. Begitu yoghurt yang kita pisahkan itu jadi, langsung di masukkan ke freezer.

  21. wah….mudah banget ia…..????????
    sederhana bangez lowh……
    presentasi saya tentang yoghurt jadi dapet nilai bagus ……..
    makasih buat inform yoghurtnya ia kak fikri……

  22. hai kk,,,lam knl aQ senshi sr bAli,aQ mahasiswa biOlogi,aQ mw nanya,soal pmbuatan yogurt,blh kn??alnya aQ ad tgs kul nie,ttng bakteri…
    klO blh tw,nama bakteri yg di`pake ap?n`dpt dibeli di`mana???
    thankz ya!!!!

  23. Akhirnya dapat resep yoghurt jg. mantabb nih sampe detil banget langkah pembuatannya. Pengen coba tapi tempatku susah dapatin susu segar kalo pake susu kemasan UHT bisa ga ya?

  24. Fik,saya tinggal di depok,gmn caranya mesen?ato ada info ndak yg jual yoghurt asli bikinan rumah tanpa pemanis seperti usaha kakak ente?mksh,btw aku suka bgt ama yoghurt nih…tolong yaaa…

    1. Salam kenal,
      sy menjual yogurt bikinan rumah yaitu buatan teman sekampus, jk anda membutuhkan yogurt, km bs menghubungi ke no.081380778191

  25. bagus bagus .. jadi tertarik buka usaha kaya gtuan ..
    kira2 klo d bekukan d freezer, yoghurt na bakalan rusak ga yahhh ?? terus, ketahanan na berapa lama ?? thx

  26. aq jg suka bgt ma yoghurt palg yg asli bikinin rmh tanpa pemanis.tp gmn pesennya ya,coz aq tinggal d semarang?tlg infonya ya……tq.

    1. kl mau pesen yoghurt lewat juga bisa?
      tanpa pemanis buatan dan ada 8 macam rasa?
      bisa telp via no HP 08158934223 atas nama Riko Handoyo
      ato lewat email :rikohandoyo@yahoo.com

  27. saya mencari cara lain teryata beda kalau yang ini didieminnya di kardus pke lampu tapi yang lain di masukin ke kulkas..jadi yang bener gimana

  28. Buat yogurt sederhana banget, pake dong ez-yo yogurt maker, dijamin bakteri baik dlm kandungan yogurt itu bagus krn Ez-yo yogurt maker ditabungnya terdapat infra red yg membuat bakteri lactobacillus berkembang dgn sempurna. utk jelasnya bisa lihat di website http://www.ez-yo.com atau hub 021-56983610-11 bisa sharing dech. murah dan praktis kalo mao buat sendiri, thx ya….”arief”

  29. Terimakasih Pa atas infonya semoga bermanfaat nanti InsyaAllah saya akan praktekan ke siswa/i saya n semoga berhasil…..

  30. kira2 klo pemanis/gula atw perasa/sirup bs tdk kl dtambahkan sblum yoghurt jadi, jadi campuran susu murni+yoghurt+sirup baru di inkubasi, bisa tdk??

  31. punten mau nanya… kalau hasilnya apa jadi kental? karena saya pernah minum youghurt ada yang kental dan yang lebih cair..
    nah tingkat kekentalannya bisa dijelaskan…
    makasih banyak…

  32. ADuh kak klw cara itu di pakek buat praktek kira” mnurut kk gmana. ?
    tp klw kt ak susah kak !
    ada cra yg lain g kak

    oia kak sekalian bkin cra pnyajian yg kreatif dong kak tmbah syur”an atau buah yg jrng d knal org atau jg pke kurma kak biar tmbah nikmat
    ok

Share Your Thought