Kampung Daun ini Cafe/Resto yang terletak di lembah yang terawat, dikelilingi pohon yang rimbun dan sejuk, dan makan di saung-saung di dekat sungai yang bergemericik. Datang siang enak, datang malam juga stunning. Asal jangan pas hujan aja, rada riweuh euy.

And came when it rains, we did. Kita udah sengaja dateng siang-siang pas makan siang dengan harapan cuaca masih cerah, cahaya oke untuk ngambil gambar, dan ngga becek dimana-mana. Begitu turun dari mobil, gerimis.

:facepalm:

Meskipun begitu, gue dan Nzi udah niat banget mau makan disini. Beberapa hari yang lalu gue sempet nganter temen-temennya Nzi makan malam disini dan suasananya enak banget. Sayangnya waktu itu Nzi ngga ikut karena Makna udah ngantuk dan ngga kondusif untuk diajak jalan malem-malem. Jadi sekarang ceritanya gue ngajak Nzi makan siang di Kampung Daun sambil buat video untuk vlog #HORE (niat banget 😂).

Satu hal yang ngebuat gue ingin ke Kampung Daun (lagi) adalah suasanya yang nyaman. Pohon-pohon rimbun di kiri kanan + makan ngariung di saung-saung yang rapih dan terawat. Menu makanannya juga beragam, mulai dari makanan Sunda sampai western food. Yang ada di pikiran gue mengenai Kampung Daun:

“Tempat yang cocok banget kalo ada temen / rekan kerja dari luar kota dan mau makan di tempat yang unik”

Secara lokasi, Kampung Daun ini memang agak nyempil sih. Kalo dari Bandung, naik terus ke arah ledeng. Tepat setelah terminal ledeng, ada pertigaan: belok kiri ke Sersan Bajuri dan lurus ke Lembang. Lu ambil belok kiri yang ke Sersan Bajuri. Dari sini ikutin aja jalan terus. Kalo udah ketemu tempat wisata Kampung Gajah yang banyak patung Gajahnya, berarti udah deket, sekitar 2km lagi. Nanti akan ada tulisan besar “Kampung Daun” di sebelah kiri, lu belok kiri aja.

Begitu belok, lu akan masuk ke dalam komplek yang agak luas berisi villa yang agak banyak. Kampung Daun ini lokasinya ada di ujung komplek; tinggal ikuti aja petunjuk jalan ke arah Kampung Daun.

Kampung Daun Bandung

Kalo lu dari Lembang, sebenarnya ada jalan memotong lewat komplek Graha Puspa. Jadi ngga perlu muter ke Ledeng dulu 😁.

Overall, gue sangat merekomendasikan banget makan-makan santai sambil menikmati rimbunnya suasana Kampung Daun. Siapin kocek sekitar IDR 60rb – 120rb per orang, lalu cabut ke Kampung Daun. Siang / malam oke, asal usahain jangan pas hujan aja 😂

Berikut ini foto-foto yang gue sempet ambil saat di Kampung Daun. Kalo ingin liat lebih jelas lagi mengenai suasana di Kampung Daun, lu bisa liat video yang gue cantumin diatas.