Sepengalaman gue, masalah itu hampir selalu menghasilkan salah satu dari dua hal ini:

  1. Kehancuran
  2. Pribadi yang menjadi lebih kuat daripada sebelumnya

Artinya, setiap kali ada masalah lu punya dua pilihan:

  1. Lari atau menyerah
  2. Menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kalo lu lari atau menyerah, yang dihasilkan oleh masalah ini adalah kehancuran lu yang bisa muncul dalam berbagai bentuk. Tapi kalo lu bertahan cukup kuat, menolak untuk menyerah, dan terus ngulik bagaimana caranya menyelesaikan masalah ini, begitu badai masalah ini mereda lu adalah orang yang lebih baik dari lu yang sebelumnya karena pengalaman yang lu dapatkan saat memecahkan masalah tersebut.

Gue mengalami hal ini berulang kali dalam relationship dan pekerjaan gue. Terjangan masalah selalu ada. Tapi begitu berhasil menyelesaikan masalah-masalah tersebut, selalu ada hal baru yang gue pelajari.

Sudah lumayan lama gue ada masalah pribadi yang belum bisa gue selesaikan. Mungkin memang harus begini fasenya agar gue belajar.

Masalah memang suka bikin sebal. Tapi mungkin memang ini cara Yang Maha Kuasa agar kita manusia terus belajar dan menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Semoga Dia selalu membimbing dan membantu gue dan kita semua untuk menyelesaikan masalah-masalah yang datang dengan baik.