Salah satu nilai tambah menggunakan komputer berbasis OS X (MacBook, MacBook Pro, MacBook Air, iMac) adalah aplikasi-aplikasinya yang ciamik: nyaman dilihat & digunakan, intuitif dan memiliki respons yang cepat. Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi yang sering saya gunakan dan bisa saya rekomendasikan:

Evernote

Note-taking application, Free.

Evernote

Mencatat sekarang menjadi lebih mudah dengan adanya Evernote. Alih-alih membuka teks editor (Word, TextEdit, dll) dan men-save-nya dalam direktori tertentu, lebih baik buka Evernote dan catat disana. Catatan secara otomatis di-save as user type, lalu disinkronisasikan secara online (jadi saya selalu punya salinan dari catatan-catatan saya) dan catatan tersebut dapat diakses dari berbagai device, karena aplikasi evernote juga tersedia untuk blackberry, android, iPhone, iPad, Windows, dan web based app. Catatan juga bisa di-share kepada pengguna Evernote yang lain, dipublikasikan dalam bentuk web-page, diklasifikasikan dengan tag atau notebook tertentu, dll. Benar-benar memudahkan saya mencatat.

Komodo Edit

Text editor, free.

Komodo Edit

Untuk pekerjaan kode-mengkode dan membuat WordPress theme, saya menggunakan Komodo Edit: gratis, memiliki fitur-fitur dasar yang saya butuhkan (shortcut navigation, text-highlighting, dll) dan zen-coding plugin-nya benar-benar memudahkan saya dalam bekerja. Saya sempat mencoba TextWrangler dan Kod tapi tetap lebih sreg dengan aplikasi ini.

Validator S.A.C

HTML Validator, free.

Validator S.A.C.

Sebenarnya W3 Consortium memiliki web-based app untuk memvalidasi halaman web, tapi apa daya lambat sekali aksesnya. Validator S.A.C. adalah versi desktop app yang performa validating-checker-nya kurang lebih persis seperti W3C validator. Sangat mempercepat urusan validasi.

Pixus

Pixel ruler, Adobe Air-based, free.

Pixus 2

Untuk urusan ukur mengukur dalam pixel saya menggunakan pixus. Sempat menggunakan measureIt (firefox plugin) tapi kinerjanya tidak intuitif dan bekerja di dalam browser saja. Pixus bekerja dengan untuk window manapun sehingga setelah mengukur saya tinggal switch window saja. Jika butuh measureIt lagi, ya tinggal switch window lagi.

Twitter for Mac

Twitter client, available on Mac AppStore, Free.

Twitter for Mac

Echofon agak lambat, UI YoruFukurou kurang ciamik. Maka, Twitter for mac-lah jawabannya. Tampilannya menarik dan keyboard shortcut-nya tidak ribet. Akhir-akhir ini memang agak bermasalah sih Twitter for Mac saya, terutama masalah menampilkan DM yang masih sering tidak muncul 🙁

iPhoto

Photo management, built-in for new MacBook, available on Mac AppStore for $14.99

iPhoto

Saya lebih senang melihat foto dan mengorganisasikannya via iPhoto daripada melihatnya via Finder. Alasannya: lebih fokus ke foto, saya bisa mengklasifikasikannya berdasarkan event, lokasi, tag, album atau smart album dan tidak perlu khawatir masalah duplikasi file yang tidak perlu. Foto juga dapat di-share secara instan ke jejaring sosial seperti Facebook dan Flickr, ditandai, diberi rating dan diberi keyword. It’s almost everything i need for organizing my photos (read: memories).

GarageBand

Music recording editor, built-in for new MacBook, available on Mac AppStore for $14.99

GarageBand

Sebagai musisi-wanna be, bagi saya GarageBand adalah anugrah. Sekarang saya bisa merekam ide-ide musik saya secara kapanpun saya mau (dan bisa). Selain merekam, mengedit dan me-mix hasil rekaman, GarageBand juga dilengkapi dengan berbagai efek untuk instrumen musik dan software instrument.

Ohya, saya mempublikasikan ide-ide musik yang saya rekam menggunakan GarageBand di SoundCloud. Go check it out, bisa didengarkan via streaming dan di-download untuk 100 orang pertama.

iMovie

Video editing, built-in for new MacBook, available on Mac AppStore for $14.99

iMovie

iMovie adalah video editing tools yang dibutuhkan oleh pengguna kasual: mudah digunakan, terintegrasi dengan media library Mac, dan fitur export hasil rekaman dengan mudah ke iTunes, hardisk atau berbagai jejaring sosial lain. It’s super awesome.

DropBox

Online syncing and storage, free

DropBox

Saya sudah pernah mengulas DropBox pada tulisan Optimasi internet untuk pengajar dan pelajar. Download, Install dan register dropbox, lalu semua file yang kamu masukan ke direktori khusus dropbox secara otomatis akan diupload dan dibuat backup-nya di cloud. File-file yang ada juga dapat dengan mudah di-share kepada pengguna dropbox yang lain / siapapun via web. Sangat fungsional.

Asphalt 6

Racing game, Available on Mac AppStore for $6.99

Aspalth 6

Game racing yang saya mainkan kalau saya sedang jenuh dan butuh menaikkan adrenalin agar segar kembali *halah bahasanya*. Setahu saya bisa dimainkan multiplayer via jaringannya GameLoft / local network dengan Mac / iOS device tapi sampai saat ini saya belum sempat coba sih. Gameplay-nya simple dan sistem kontrol-nya fun. Saya main-main dikala jenuh saja sekarang sudah tamat :p

NeoOffice & OpenOffice

Office suite, free

NeoOffice

Karena saya belum sanggup beli Microsoft Office Suite for Mac (harganya cukup mahal, IDR 1,8jt untuk tiga license kalau tidak salah), untuk kebutuhan spreadsheet dan document editing saya sekarang masih menggunakan NeoOffice dan OpenOffice. Gratis dan open source, solusi agar tidak membajak 🙂

Keynote

Presentation editing, Available on Mac AppStore for $19.99

Keynote

Keynote ini bisa dibilang aplikasi yang tugasnya sama dengan Microsoft PowerPoint. Bedanya, keynote dibuat oleh Apple dan desain, template serta animasinya lebih ciamik. Di perkulihan sering ada tugas presentasi dan di luar perkuliahan saya juga kadang diundang untuk presentasi mengenai blog, WordPress, dll. Keynote (untuk saat ini, AFAIK) adalah tools terbaik untuk meng-handle kebutuhan itu.

Pages

Document editing, Available on Mac AppStore for $19.99

Pages

Ini saya baru beli dan download tadi malam banget sih, tapi Februari lalu saya sempat menggunakan versi trial-nya selama 30 hari. Fungsi-nya sama seperti Microsoft Word hanya lebih Apple-ish saja. Saya agak kurang puas dengan NeoOffice / OpenOffice karena UI dan fiturnya yang kurang intuitif, jadi ya bela-belain beli deh demi lebih nyaman dalam mengolah dokumen (baca: mengerjakan tugas dll).

Dictionary

English dictionary, built-in on Mac

Dictionary

Sebagai mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, default & built ini app ini benar-benar life-saver dari typo dan kesalahan kebahasaan. Terintegrasi dengan spotlight adalah nilai tambahnya yang sangat mantap. Setiap kali saya ingin mengecek makna, pengucapan dan tulisan suatu kosakata dalam Bahasa Inggris, yang saya perlu lakukan adalah memencet command + spacebar, ketik keyword dan enter!

***

Itu tadi aplikasi-aplikasi Mac yang gunakan dan rekomendasikan. Ada yang punya pengalaman serupa, ingin merekomendasikan atau menambahkan informasi lain? Silahkan berkomentar 🙂