Apa arti kebahagiaan menurut anda? banyak orang memposisikan kebahagiaan sebagai tujuan. Namun, menurut saya kebahagiaan bukan tujuan. Kebahagiaan hanya hasil atau efek. Hasil dari sebuah kata kerja bernama bahagia.

salah seorang teman saya, guru saya, memiliki motto hidup yang sangat bagus : “Lakukan dengan bahagia, bukan untuk kebahagiaan.”

maksudnya? jangan menjadikan kebahagiaan sebagai tujuan, karena kebahagiaan bukan tujuan. akhir2 ini saya sering memutar vcd Life Revolution saat ngeblog. Pak Tung Desem mengajarkan sesuatu yang bernama “sindrom Elvis Presley”. Sindrom yang menyerang semua orang yang menganggap kebahagiaan sebagai tujuan.

Pernah dengar Elvis presley? bintang rock 50 an yang sukses luar biasa hingga menjadi ikon Rock N’ Roll tersebut. dari segi materi, semua yang bisa dijadikan tujuan berkedok kebahagiaan dia miliki.kekayaan? dia punya. ketenaran? ada. Istri yang cantik? ada. anak? ada. rumah yang besar? ada. semua yang bisa dijadikan sebagai “saya akan bahagia jika saya memiliki…” sudah dia miliki.

Apakah dia bahagia? tidak. dia akhirnya mengkonsumsi narkoba karena dia menemukan ketenangan dan kedamaian disana. apakah dia bahagia? dia mati karena overdosis.

Kebahagiaan adalah sesuatu yang menggerakkan umat manusia sekarang ini, dan menjadi tujuan sebagian besar umat manusia. banyak sekali orang bekerja dengan sangat kerasnya mengejar kebahagiaan.

Sayangnya, kebahagiaan tidak bisa dikejar.

karena kebahagiaan bukan berupa materi, tidak bisa di tangkap oleh panca indra. Kebahagiaan ada di dalam diri anda sendiri. tidakbisa diraba, tapi bisa dirasakan.

kebahagiaan bisa dirasakan, ketika anda melakukan satu kata kerja bernama “bahagia“. dan cara melakukan bahagia adalah dengan satu kata sederhana : bersyukur.

Sekarang saya tahu mengapa Rasulullah SAW mengajarkan untuk bersyukur.

πŸ™‚