Gue kerap kali ngeliat masalah “susah nyari kerja” dari sudut pandang banyak employer yang mencari employee yang bagus tapi susah banget nemunya. Jadi sebenarnya dibalik orang-orang yang susah nyari kerja, ada banyak orang lain yang mencari pekerja yang bagus tapi ngga ketemu-ketemu.

Dari situ gue mikir: sebenarnya peluang banyak, cuman orang yang memenuhi kualifikasi peluang itu ngga terlalu banyak. Berdasarkan sudut pandang ini, gue memutuskan untuk:

  • Membuat “produk” yang menunjukkan keahlian yang gue bisa dan membagikannya secara gratis. Dalam kasus gue, “produk” ini adalah WordPress theme dan plugin yang gue bagikan secara cuma-cuma.
  • Membuat laman portofolio yang kredibel.
  • Menulis yang banyak, untuk: 1) melatih kemampuan gue menyampaikan ide, dan 2) menunjukkan kemampuan gue berkomunikasi melalui tulisan. Kalo ada dua orang dengan kemampuan yang sama tapi yang satu bisa berkomunikasi secara tulisan (dan lisan) dengan lebih baik, asumsi gue yang dipilih adalah orang yang kemampuan komunikasinya lebih baik.
  • Dan yang paling penting: setiap dapat pekerjaan atau proyek, gue selesaikan dengan sebaik-baiknya. Words of mouth works incredibly well.

Gue lakukan ini bertahun-tahun dan hasilnya lumayan oke sejauh ini. These strategies brought me to a trip to Europe once (so far), so I assume it went pretty well:

 

Elegant Themes Company Retreat 2016 at Berlin, Germany