anda pernah mengalami kejadian yang mengubah hidup anda bumi dan langit?

sesuatu hal yang, jika tidak anda lakukan mungkin kehidupan anda tidak menjadis eperti apa yang anda alami hari ini. Tung Desem Waringin berkata di Life Revolution bahwa perubahan datangnya seketika, namun saya lebih cocok dengan term ini : momentum untuk perubahan itu datangnya seketika. sedangkan perubahan adalah kehidupan itu sendiri.

Saya teringat salah satu training yang saya ikuti di lembang, Trainer kala itu, Bpk. Muhammad Isman sharing tentang esensi kehidupan itu sendiri, yaitu perubahan. Waktu itu sendiri adalah perubahan. setiap langkah yang anda dan saya ambil sendiri merupakan perubahan, dan menentukan akan kemana kehidupan kita mengarah.

Ketika saya menulis post ini, ketika anda membaca post ini, ketika anda memutuskan untuk melakukan sesuatu, apapun, dalam hidup anda, tanpa anda sadari merupakan persimpangan takdir anda. Apapun, yang anda lakukan menentukan apa yang terjadi selanjutnya. entah hal remeh seperti toliet umum mana yang akan anda singgahi untuk membuang air kecil atau keputusan untuk memulai bisnis apa yang akan anda tekuni. smuanya menentukan takdir anda kedepan.

kembali lagi ke pertanyaan diatas, apakah anda pernah mengalami kejadian yang mengubah hidup anda bumi dan langit?

ya, selalu. Setiap hari dalam hidup saya merubah kehidupan saya bumi dan langit.

Pantas lah seorang bijak mengatakan, “manusia tidak bisa menentukan hasil akhir dari sesuatu, tetapi manusia bisa menentukan kebiasaan apa yang dipilihnya, dan kebiasaan itu akan menetukan hasil akhir tersebut.”

Phew, seperti nasihat untuk memulai kebiasaan2 baru yang tepat. πŸ™‚