recommendation

Pernahkah anda berfikir bagaimana rezeki datang kepada anda? Pernahkah anda berfikir mengapa ada seseorang yang berpenghasilan lebih besar daripada seseorang yang lainnya?

Rekomendasi, awal dari segalanya

Beberapa hari yang lalu saya sangat-sangat beruntung karena mendapatkan undangan untuk menghadiri power lunch “New Wave Marketing”, dihadiri langsung oleh Hermawan Kartajaya – seorang Marketer kelas dunia asal Indonesia, yang akan diselenggarakan 23 Maret 2010 mendatang di kantor MarkPlus Bandung. Pertanyaan emasnya adalah, bagaimana saya bisa mendapatkan undangan terbatas yang diberikan kepada kurang lebih (CMIIW) 40 orang yang mewakili netizen, youth dan women di Bandung tersebut?

Jawabannya tidak lain adalah rekomendasi. Seorang teman web developer ternama yang saya kenal merekomendasikan saya sebagai salah satu blogger asal Bandung kepada pihak MarkPlus.

Hal yang kurang lebih sama pun terjadi dalam bidang karir. Selama ini, alhamdulillah klien yang membutuhkan jasa saya untuk meng-custom wordpress theme berdasarkan desain mereka selalu datang sendiri. Beberapa dari mereka langsung mengontak saya melalui email, beberapa melalui media lain. Pertanyaan emasnya (lagi): bagaimana mereka menemukan saya?

Melalui rekomendasi.


Siapa yang merekomendasikan anda?

Semua hal yang memberitahu orang lain mengenai apa yang saya bisa lakukan merupakan rekomendasi.

Saran seseorang kepada orang lain untuk meng-hire saya sebagai desainer situs mereka merupakan rekomendasi.

Tulisan saya yang memberntuk persepsi orang lain atas siapa saya, apa yang saya lakukan dan apa yang menjadi interest saya merupakan rekomendasi.

Theme-theme wordpress yang saya bagikan secara gratis dan membuat orang lain tahu bahwa saya mampu membuat theme wordpress adalah rekomendasi.

Komentar-komentar dan tweet yang saya publikasikan di ranah maya yang membuat orang lain tahu kapabilitas saya merupakan rekomendasi.

Semua hal yang memberitahu orang lain mengenai apa yang saya bisa lakukan merupakan rekomendasi. Sekarang giliran anda: siapa dan apa yang merekomendasikan anda?

Menjadi individu yang pantas untuk direkomendasikan

Ketika berbicara mengenai web analytics, nama yang keluar di otak saya adalah Pandu Truhandito. Membahas web dan internet startup di ranah lokal tidak akan renyah tanpa Rama Mamuaya dan Daily Social. Mengulas Web Comic? Diki Andeas dan ayam geek-nya muncul tanpa diundang di otak saya. Berbahasa Indonesia yang baik, benar dan aktual? Nama Ikhlasul Amal sedikit lebih dahulu keluar dibanding J.S. Badudu.

Banyak sekali cara untuk menjadi individu yang pirekomendasieun. Kita bisa merangkum berbagai how-to dan tips & tricks mengenai tersebut kedalam tiga langkah sederhana:

  1. Lakukan sesuatu secara konsisten
    lebih baik lagi jika hal yang kita lakukan secara konsisten tersebut adalah sesuatu yang menjadi passion kita dan kita menyukainya dan hal tersebut merupakan sesuatu yang unik dan tidak dilakukan oleh kebanyakan orang.
  2. Buat orang tahu bahwa anda melakukan hal tersebut
    Tunjukan kepada orang-orang apa yang anda lakukan. Menggunakan media tradisional seperti word of mouth, ulasan media dan memasang iklan sih oke saja, tapi sadarilah bahwa hal tersebut pada umumnya tidak terjangkau oleh kita dan dunia sudah menjadi semakin horizontal: menuliskan apa yang anda lakukan di blog dan mulai ngetweet tentangnya terdengar lebih applicable daripada tidak melakukan apapun.
  3. Lakukan yang terbaik dan berikan yang terbaik
    Orang-orang hanya merekomendasikan hal-hal yang terbaik yang mereka temukan. Pernahkah anda merekomendasikan kecap no.2? Hanya kecap no.1 yang berhak direkomendasikan! LOL

Ketika anda telah direkomendasikan, pastikan bahwa anda dapat dijangkau dengan mudah. Pastikan bahwa orang dapat dengan mudah mengontak dan menghubungi anda. Di era digital dan seluler seperti ini, seharusnya hal ini merupakan hal yang dengan mudah dapat anda lakukan kan?

The one million dollar question(s)

Apa yang teringat dikepala orang-orang saat mengingat nama anda?

Apa yang orang lain tahu mengenai diri anda?

Apakah anda melakukan hal unik yang tidak dilakukan oleh orang lain yang menjadi pembeda diri anda dari orang lain?

Memiliki pendapat, jawaban, pemikiran, gagasan, saran dan masukan mengenai rekomendasi dan hal-hal seputarnya?  silahkan disampaikan melalui kolom komentar. Mari berdiskusi!