Jadi ceritanya saya membaca tulisan teman saya @aditryan tentang orang-orang yang menginspirasinya dan rasanya bagus juga kalau saya membuat daftar yang sama. Semua orang mempengaruhi dan dipengaruhi, siapa tahu mengetahui orang yang gagasannya mempengaruhi dan menginspirasi saya ada manfaatnya buat kamu.

1. Matt Mullenweg

Matt Mullenweg

Di tahun 2003 (usia 19 tahun) dia mulai mengembangkan WordPress, content management system / blogging software berlisensi GPL dan berkode terbuka, dari proyek b2/cafelog yang dihentikan pengembangannya. Delapan tahun kemudian, WordPress digunakan oleh 12% website yang ada di muka bumi, memudahkan jutaan orang dalam mempublikasikan ide di penjuru world wide web dan menjadi landasan dari berbagai produk dan layanan komersial yang menghidupi entah berapa puluh ribu keluarga. Di tahun 2005 mendirikan Automattic, perusahaan yang membidani WordPress.com, akismet, dan berbagai layanan lainnya. Muda, idealis dan secara signifikan memberi berkontribusi nyata untuk kemaslahatan masyarakat dunia melalui apa yang bisa dia lakukan.

Usage is like oxygen for ideas.
-1.0 is the Loneliest Number, November 2010

2. Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg

picture by cellanr

Pendiri Facebook: tidak perduli apa yang tidak penting, melakukan apa yang dia anggap penting dan fokus. Percaya bahwa apa yang dia lakukan bisa merevolusi tatanan sosial dan cara orang berinteraksi. Minimalis. Cepat. Secara kontinyu mengarahkan hasil karyanya ke dalam bentuk yang lebih baik. Sadar kalau fitur / layout Facebook secara berkala berubah / bertambah? Yap, Facebook merupakan salah satu raksasa web yang paling progresif dan cepat. Zuckerberg is the CEO.

The thing that we are trying to do at facebook, is just help people connect and communicate more efficiently.

3. Steve Jobs

Steve Jobs

picture by Ben Stanfield

Salah satu CEO paling legendaris di muka bumi: dia mendirikan Apple bersama Steve Wozniak di tahun 1970an, dipecat dari perusahaan yang didirikannya sendiri di tahun 1984 karena bersengketa dan berbeda pendapat dengan investor, dan satu dekade kemudian kembali memimpin Apple serta menyelamatkannya dari jurang kebangkrutan dan menjadikannya perusahaan paling profitable dalam dekade ini: Merevolusi dunia komputer dengan Macintosh, merevolusi industri musik dengan iPod dan iTunes, merevolusi dunia telepon genggam dengan iPhone dan merevolusi dunia post-PC device / tablet PC dengan iPad. Buat sebagian orang, Steve Jobs merupakan diktator egomaniak yang menginginkan kontrol atas segala hal yang diproduksinya. Buat saya, Steve Jobs merupakan jenius yang membuktikan bahwa satu orang dengan visi yang jelas dan karakter yang kuat bisa “menggeser” dunia.

We’re gambling on our vision, and we would rather do that than make “me too” products. Let some other companies do that. For us, it’s always the next dream.
– Interview about the release of the Macintosh (24 January 1984) – (online video)

I was worth about over a million dollars when I was twenty-three and over ten million dollars when I was twenty-four, and over a hundred million dollars when I was twenty-five and it wasn’t that important because I never did it for the money.
– Interview in the PBS documentary Triumph of the Nerds: The Rise of Accidental Empires (1996)

We used to dream about this stuff. Now we get to build it. It’s pretty great.
– Keynote address at the w:Worldwide Developers Conference (June 2004)

***

Itu tiga dulu. Nanti saya tambah lagi πŸ™‚

Anyway, siapa orang yang menginspirasi kamu?