Hari minggu kemarin saya beruntung karena mendapatkan kesempatan untuk menjadi audience langsung program tv favorit saya: Mario Teguh Golden Ways di Metro TV bersama dengan rekan-rekan dari Mario Teguh Super Club Bandung Chapter. FYI, untuk menjadi audience dari acara ini tidak dipungut biaya sama sekali. Untuk mengajukan diri menjadi audience pun mudah saja. Anda bisa lihat di facebook page-nya Mario Teguh. Di event applicationnya terdapat cara mengajukan diri menjadi audience ๐Ÿ™‚

Dari sini, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Beberapa diantaranya adalah:

Di depan gedung metro TV. tidak sebesar yang saya bayangkan sebelumnya ternyata

Di depan gedung metro TV. Ternyata tidak sebesar yang saya bayangkan sebelumnya

Kantor gedung utama Metro TV tidak sebesar yang saya bayangkan

Markas Metro Tv terletak agak di pinggir kota (sepertinya sih, melihat tempatnya yang tidak terlalu padat gedung) ๐Ÿ˜›

Mario Teguh Golden Ways di-shoot per dua pekan sekali. biasanya per pekan pertama dan pekan ketiga. Pukul 3 di shoot untuk tapping yang ditayangkan pekan berikutnya, dan pukul 7 dilakukan shooting yang ditayangkan secara live.

Saya kadang bingung, mengapa saat pak sesi tanya jawab kok audience tampak sangat rapih dalam menanyakan pertanyaan. Jawabannya ternyata sederhana: Sesi briefing sebelum shooting dimulai. Jadi sebelum dilakukan pengambilan gambar, audience di brief langsung oleh Pak Mario Teguh. Pengambilan gambar dibagi kedalam 4 segment (per 15 menit). dan per segmen masing-masing terdapat kurang lebih 3 pointers. Pak Mario membacakan pointersnya disertakan sedikit gambaran dan penjelasan, lalu dipersilahkan audience bertanya. Dari situ, audience dipersilahkan bertanya. Jika pertanyaan tersebut dinilai cukup berbobot dan mewakili kegundahan banyak orang, pertanyaan tersebut akan ditanyakan saat sesi pengambilan gambar. Jika pertanyaan dinilai terlalu sederhana, akan dijawab langsung oleh Pak Mario. Pertanyaan tidak akan dijawab langsung oleh Pak mario. Pertanyaan akan di jawab langsung saat sesi pengambilan gambar.

Yang menarik dari sesi ini adalah, kenyataan bahwa terkadang ada pertanyaan yang bahkan pak Mario sendiri belum mengetahui jawabannya. Dan Pak mario menjelaskan sesuatu yang sangat menarik (dalam redaksi saya):

“Saya seringkali belum memiliki jawaban dari pertanyaan rekan-rekan. Maka dari itu, mari kita berdo’a agar saya memiliki jawabannya saat sesi pengambilan gambar, karena sering kali saya menemukan jawabannya saat pengambilan gambar atas seizin Yang Kuasa. Jika saya mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang saya belum ketahui jawabannya, hal itu berarti saya belajar sesuatu yang baru.”

Great. kerendahan hati dan sikap berserah diri yang patut kita aplikasikan ๐Ÿ™‚

Pak Mario ternyata sangat humoris dan ice breaker yang handal. beliau selalu mampu mencairkan suasana sehingga ambience di studio menjadi sangat hangat. Ada kalimatnya yang sangat menarik: Anda harus belajar untuk menjadi sombong tapi dengan cara yang lucu. Hahahaha, hasilnya adalah humor narsis yang berkelas dan menyenangkan ๐Ÿ˜€

Nyengir di depan mission statementnya Surya Paloh. Bawa-bawa bloggingly pula, sekalian promosi :P Saya sempat dikira om-om berusia 24 tahun. Haha

Nyengir di depan mission statementnya Surya Paloh. Bawa-bawa bloggingly pula, sekalian promosi ๐Ÿ˜› Saya sempat dikira om-om berusia 24 tahun. Haha

Yep, that’s the main points. Sebenarnya ada banyak hal lain yang saya tangkap, namun mainly-nya ya yang diatas itu. Saran saya: Jika anda menyukai acara Mario Teguh Golden Ways, saya sarankan anda untuk sempatkan diri untuk mencoba menyaksikannya secara Live langsung di studio. Gratis ini kan? ๐Ÿ˜‰ . Akan ada banyak hal yang bisa anda pelajari.

Enjoy! ๐Ÿ˜€