Saya sangat berbahagia untuk mengatakan bahwa setelah netbook dan notebook ACER milik ibu saya, PC keluarga di rumah saya pun sekarang telah menggunakan Ubuntu. Yay! ๐Ÿ˜€

Semuanya berawal dari performa XP yang menjadi sangat lambat setelah LAN Card-nya diganti. Selidik punya selidik, ternyata PC ini terkena entah virus atau malware sehingga performanya sangat lamban. Situasi diperparah karena penggunaan antivirus dan security tools yang memakan sumberdaya PC yang semakin memperlambat kinerja PC. Akhirnya saya katakan kepada keluarga saya daripada PC jadi susah digunakan dan lamban karena terkena virus melulu, lebih baik PC saya ganti saja OS-nya menjadi Ubuntu yang jauh lebih aman daripada Windows.

Setelah diskusi singkat yang sangat persuasif, keluarga saya (well, lebih tepatnya anggota keluarga yang paling sering menggunakan PC keluarga) setuju untuk menggunakan OS Ubuntu pada PC keluarga.

Boy, it is very awesome. Setidaknya ada dua faktor yang menjadikan saya sangat senang dengan keputusan ini:

  1. Ubuntu benar-benar free. Legally free. Bukan aplikasi berlisensi yang dibajak.
  2. Keluarga saya tidak akan dipusingkan dengan PC yang bermasalah karena virus lagi.

Omong-omong, Ubuntu 10.10 di layar datar 19.5 inch PC ini tampilannya sangat-sangat keren. Belum lagi kecepatannya, dengan sumber daya PC yang sama, menjalankan Ubuntu jauh lebih cepat daripada menjalankan Windows XP. Awesome.

Satu PC, satu notebook dan satu netbook di rumah saya sudah menggunakan Ubuntu. Sudahkah kamu beralih ke ubuntu?

P.S:

Sudah baca post tentang apa saja yang saya suka dari Ubuntu?