Ada beberapa hal yang gue akhirnya sadari gara-gara beli colokan gitar akustik-elektrik kemarin1:

  1. Gitar bagus, kalo colokannya ngga bagus, suaranya cempreng-cempreng juga.
  2. Lu bakal tau kualitas sesuatu itu bagus atau jelek, kalo lu udah pernah ngerasain yang bagus dan yang jelek. Lu bakalan paham mengenai sesuatu kalo ada kontrasnya.
  3. Kalo mau menghasilkan output yang bagus, invest di tools yang bagus. Eh tapi hati-hati nimbun tools tapi ngga dipake-pake -_-.

Tiga hal diatas gue pelajari dari pengalaman gue beli gear musik, tapi jelas banget kalo tiga hal diatas bisa diimplementasiin ke berbagai hal:

Kalo mau outputnya excelent, pastiin dari hulu ke hilir-nya bagus semua.

Footnote

  1. Inspired by true story. Gue dengan banyak gayanya bilang ke mbak-mbak SPG “mbak sekalian sama jack-nya yang bagus deh” dan begitu dikasih tau harganya bilang “mbak ada yang harganya dibawah ini ngga?” tapi pas dikasih coba jack yang biasa, suara gitarnya malah jadi cempreng :)))