Play music alive

Masih ingat tulisan saya tentang mengurangi penggunaan produk bajakan? Salah satu aplikasi dari komitmen saya terhadap apa yang saya tulis tempo hari adalah tidak memasukkan musik yang bukan hak saya ke library itunes Mac saya.

Sebenarnya masalah legalitas bukanlah masalah yang berarti jika kamu memiliki dana yang cukup. Tapi disaat kamu bosan dengan playlist sedangkan kondisi keuangan untuk membeli album baru tidak memadai? Well, setelah dicari-cari ternyata cukup banyak juga musisi yang membagikan hasil karya mereka secara free. Berikut ini beberapa diantaranya yang berhasil saya temukan:

Adhitia Sofyan (Folk / Acoustic)

Salah satu musisi lokal favorit saya. Bayangkan minum kopi di sore hari sambil memandangi hujan yang turun. Lembut, indah, tenang.

Adhitia Sofyan membagikan semua hasil karyanya secara gratis, meskipun kamu bisa juga membeli CD-nya. Download link album-album Adhitia Sofyan bisa ditemukan di blognya.

Nine Inch Nails: The Slip (Industrial Rock)

Nine Inch Nails (lebih tepatnya, Trent Reznor) adalah legenda di genre industrial rock. The Slip adalah album terbaru NIN yang dirilis secara gratis. Tentu, kamu bisa membeli CD-nya juga. Untuk men-download album terbaru NIN ini kamu perlu signup / mendaftar terlebih dahulu. Well, worth it dengan hasilnya lah πŸ˜€

Download The Slip disini

Ben Kenney’s singles (Alternative)

Selain bermain bass untuk Incubus, ternyata Ben Kenney juga merilis musik-nya sendiri. Keren-nya lagi, dia bermain semua instrumen dalam album-nya mulai dari vokal, gitar, bass hingga drum. Di situs pribadinya Ben membagikan beberapa single-nya untuk di dengarkan. Ada tiga lagu yang saya sudah download: Eulogy, Hoopdie dan Wrong.

Download single-single Ben Kenney di situs pribadi-nya: http://www.benkenney.com/ . Ada beberapa menu, tiga diantaranya adalah downloadable songs.

Rocket Rockers at PureVolume (Pop Punk Rock)

Saya tidak tahu jika Rocket Rockers membagikan beberapa musiknya secara gratis, namun beberapa pekan yang lalu akun resmi-nya membagikan link ke PureVolume yang mengandung beberapa lagu yang bisa didownload.

  • Beberapa lagu yang bisa di-download adalah:
  • Better Season
  • Episode Ini
  • Lost Heart Tour
  • Your Fashion Costumed by The Intellect Orthodox

Download single-single RoRo at PureVolume disini.

Koil: Blacklight Shines On (Industrial Rock)

Salah satu band indie lokal legendaris: bayangkan Nine Inch Nails berbahasa Indonesia dengan lebih sedikit sampling tapi diperkuat lirik yang sangat jenius. Saya tidak bisa menemukan situs resmi-nya Koil dan halaman download official-nya, tapi karena informasi download ini dicantumkan di berbagai majalah musik ternama, saya download saja dari 4shared.

Track favorit saya “Nyanyikan Lagu Perang” & “Aku Lupa Aku Luka”. Epic. Download Blacklight Shines On disini.

P.S.: kalau ada yang tahu informasi terkini mengenai album ini, tolong beritahu saya ya. Jika memang sudah tidak diizinkan untuk men-download lagi, dengan senang hati akan saya hapus informasi ini dan musiknya dari iTunes library saya. πŸ™‚

Pandji Pragiwaksono: Merdesa (Rap)

Salah satu ikon anak muda (30 tahun masih dibilang muda tidak sih?) yang kritis dan perduli terhadap negaranya. Lagu-lagu di album keduanya yang dirilis secara free namun tetap menguntungkan secara finansial karena bekerja sama dengan salah satu ISP lokal ini pun mencerminkan hal tersebut.

A must listen. Lagu favorit saya “lagu melayu” & “I remember”. Download merdesa disini.

Linkin Park 2011 Tour EP (Alternative)

Lima rekaman Live Linkin Park, The Prodigy, Pendulum & Does it Offend You, Yeah?. Gratis dengan cara memberikan informasi alamat email. Track favorit saya tentu saja lagu dari Linkin Park berjudul “When they come forme” yang perkusif dan bernuansa tribal. Epic.

Download Linkin Park 2011 Tour EP di situs resmi Linkin Park.

Harvey Danger: Little by Little (Alternative)

Baru sekarang saya mendengar nama band ini, itu juga karena hasil search Google. Musik band ini seperti Panic! at the Disco tapi dalam versi yang lebih band-lah. Worth to download πŸ™‚

Download Harvey Danger’s Little by Little disini.

OST. The Social Network (Soundtrack)

Satu lagi karya epic dari Trent Reznor yang bisa kamu download secara free: Soundtrack film Social Network! Meskipun versi gratisnya hanya menyediakan lima lagu, tapi tetap worth it lah.

Download The Social Network disini.

Terakhir saya mencari informasi mengenai album-album free, Radiohead pernah merilis album In Rainbow secara gratis namun sudah tidak tersedia lagi. Angels & Airwaves pun merilis “Love” secara gratis namun sampai saat ini saya belum bisa menemukan official download page-nya.

Selain musisi-musisi yang sudah cukup dikenal diatas, ternyata banyak juga situs-situs yang menyediakan platform bagi musisi-musisi untuk membagikan hasil karyanya secara free. Beberapa diantaranya adalah Free Music Archive dan Jamendo (saya mendownload sebuah EP dari band rock indie bernama Farmertan dan hasilnya cukup oke :D). Untuk situs lokal, coba PopMaya. Saya menemukan beberapa musisi yang cukup terkenal seperti Soul ID, Yacko dan Kungpow Chicken membagikan beberapa karyanya disana.

Jika koneksi internet kamu mumpuni, online streaming bisa juga menjadi pilihan. Ada banyak sekali situs legal music streaming di Internet: ada last.fm, soundcloud, you name it. untuk local music streaming, kamu bisa coba highway tone, ada banyak sekali musik Indie lokal yang keren disana. Untuk opsi yang lebih banyak, Mashable memiliki daftar 10 situs yang kamu bisa kunjungi untuk mencari musik gratis.

Oke, saya baru tahu segitu saja sih. Ada yang mau menambahkan? I’d love to know more πŸ™‚

P.S.

Ternyata selain saya, disaat yang sama ada juga blogger yang merasakan hal yang sama mengenai pembajakan. Wow. “Kesadaran kolektif” kah? πŸ˜€