Setelah resolusi untuk take action membenahi blog ini disini, saatnya implementasi. Tadinya Langkah pertama yang ingin saya tempuh dalam membenahi blog ini agar lebih fresh dan menyenangkan adalah membuat sendiri theme baru untuk blog ini. Inginnya sih mengganti iTheme yang meskipun cukup keren ini dengan theme buatan sendiri. Maksudnya sih biar lebih personal. Namun apa nak dikata, ternyata membuat theme itu lumayan juga y? hehe. hingga tulisan ini saya publish, themenya baru selesai 50%. Hehe.

Yo weis, akhirnya saya rasa kelamaan kalau menunggu themenya jadi. maka dari itu saya mulai saja gerakan perubahan ke arah yang lebih baik sekarang juga. setelah melihat situasi, saya rasa malam ini saya bisa mulai perubahan tersebut dari mengeset permalink yang tadinya menggunakan kombinasi querystring + id post menjadi lebih manusiawi.

berbekal perasaan bahwa rasanya saya pernah melihat option pengesetan permalink di dashboard wordpress, dan ternyata memang betul begitu adanya, Sepintas langkah ini terlihat cukup mudah :

  1. Masuk ke dashboard melalui wp-admin
  2. Klik menu Options
  3. Klik menu Permalinks
  4. Pilih settingan Permalinks yang anda inginkan. berdasarkan hasil browsing sana sini dan bertanya kepada Om – om serba bisa yang satu ini, akhirnya saya lebih memilih option yang custom, dan mengetikkan /%category%/%postname%/ di input fieldnya.
  5. Jika pilihan anda sudah yakin, klik button Update Permalinks Structure

Oke. Setelah kelima langkah ini beres, saya merefresh browser ber url – http://fikrirasyid.com saya, dan link – link sudah terupdate. Namun saat saya menekan link tersebut, link itu membawa saya ke halaman error 404.

Sempat bingung juga. namun setelah melihat ke dashboard wp saya, ternyata ada boks peringatan untuk mengupdate .htaccess blog saya. Oke. Saya benar – benar blank dengan intruksi tentang update file .htaccess ini. Tapi sekali lagi, Om – om serba bisa yang satu ini kembali membantu dengan baik. setelah melakukan pencarian dengan keyword = wordpress .htaccess permalinks setting, Om – Om ini memberikan link yang sangat membantu ini, dan saya ikuti panduan link tersebut :

  1. Masuk ke cpanel
  2. Masuk ke file manager
  3. buka file .htaccess yang terdapat di public_html. Jika belum ada file .htaccessnya, buat saja saat itu file .htaccess.
  4. Setelah dibuka file .htaccessnya, ketikkan script ini :

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

Setelah di edit, lalu di save. Lalu refresh layar browser yang membuka http://fikrirasyid.com, dan wordpresspun sudah menampilkan Permalinks yang saya inginkan dengan baik, dan link – link nya membawa saya ke tempat post yang saya tuju, bukan halaman error 404.

πŸ™‚

semoga bermanfat,

Salam Hangat πŸ™‚