Mengetahui secara kronologis mengenai bagaimana sesuatu terjadi bisa membantu kita memahami sesuatu. Berikut ini adalah beberapa “titik” dalam hidup saya:

1995 – 2001

Pendidikan dasar di sekolah swasta full day school “islami” yang baru dibangun bernama SDI Ibnu Sina, Padasuka, Bandung.

2001 – 2007

SMP dan SMA di sebuah “pesantren kontroversial” (yang sependapat saya kurang tepat dikatakan pesantren) dengan banyak isu bernama Al-Zaytun. Terlepas dari segala kontroversinya, sekolah ini mengajari saya banyak hal. Mulai dari “visinya” yang sangat keren (motto dari Al-Zaytun sendiri adalah Pusat Pendidikan dan Pengembangan Budaya Toleransi dan Perdamaian), terbiasa dengan kondisi sosial kultural yang beragam (teman-teman saya dari berbagai PELOSOK tanah air -Aceh, Padan, Riau, Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, bahkan Malaysia), dll.

2007

Setamat SMA, yang ada dikepala saya hanya memasuki jurusan Desain dan Komunikasi Visual ITB, dan dengan sukses saya ditolak. LOL

Tapi saya tetap memiliki desire tertentu di bidang visual 🙂

2007 – 2008

Mengikuti course Web Development selama 8 bulan di Quantum E-Commerce collage. Kala itu friendster masih jaya dan facebook belum populer meskipun saya sudah memiliki akun facebook (saya masih ingat: salah satu orang yang meng-approve saya adalah Eno Netral). Final project saya kala itu adalah social network mini berbasis PHP dan MySQL.

Menyelesaikan kursus di LBPP LIA. Saya mulai di level intermediate 3 (seingat saya) dan lulus hingga level HI-4 (suatu saat mungkin berguna jika saya ingin berekeksperimen dengan pendidikan Bahasa Inggris).

Menjadi distributor MLM (K-Link, if you want to know it in particular). Meskipun banyak yang berpandangan negatif terhadap profesi ini, it was a great year of learning. Saya mulai belajar bagaimana dealing with older people, public speaking (terutama public speaking di depan complete strangers apalagi yang memandang kita kurang baik – sangat menantang. hihi 😀 ), betapa besarnya dunia nyata, pentingnya kemampuan finansial, dll.

Meskipun potensinya luar biasa besar, sekarang saya sudah tidak aktif lagi sebagai distributor MLM karena saya sudah memutuskan untuk mengejar apa yang menjadi passion saya: web 🙂

2008 – Sekarang

Kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Indonesia – salah satu universitas terbaik dalam bidang pendidikan di Indonesia (FYI, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu jurusan favorit di UPI) yang entah mengapa saya rasa “gereget akademis”-nya kurang terasa. Entah memang sayanya yang terlalu “aktif” di web dan freelance project atau memang demikian adanya, tapi saya belajar banyak sekali hal: Standard English, advanced grammatical rules, sociolinguistics, phonetics, dll.

WordPress theme developer. Beri saya desain dalam .psd, saya akan membuatnya menjadi custom theme untuk WordPress.

Bekerja di beberapa project pribadi yang akan segera dirilis 😉