Akhir bulan agustus 2011. Apa saja yang sudah terjadi di bulan ini?

Musik

Ben Kenney

Ben Kenney

Ben Kenney, bassist incubus, membuat empat album solo-nya menjadi downloadable secara gratis di situs personalnya. WOW, this is awesome. Tanpa panjang lebar saya langsung download keempat album ini. Lagu favorit saya: Worlds Collide, Not Today, Girl, Eulogy, dan banyak lagi.

Kuliner

Scream for Ice Cream

me at scream for icecream

Serius amat Fik, kuliah aja g pernah seserius itu mukanya

Scream for Ice Cream, kedai es krim di bilangan harian banga ini saya sambangi dengan seorang teman yang kalau sedang galau bawaannya ingin makan terus :p Es krim-nya asli sedap sekali, sayang es krim andalannya (doh, saya lupa namanya) agak terlalu besar porsinya untuk saya. Entah kenapa akhir-akhir ini jadi tidak terlalu suka makan banyak saya. Kalau makan makanan enak sih tetep suka, hanya porsinya saja yang tidak se-brutal dulu πŸ˜€

Buku

Madre

Kumpulan cerita pendek terbaru dari Dewi Lestari! Saya sudah lama sekali tidak membaca fiksi namun saat seorang teman di lokasi KKN membelinya sebagai bacaan saat senggang, segera saja saya pinjam saat si buku menganggur :p Ulasannya? Love it! Indah seperti tulisan-tulisan ‘Dee’ sebelumnya. Cerita favorit saya tentu saja madre, dan satu cerita di akhir yang kutipannya (seingat saya)

Tampang aja superman, hati suparman.

Secanggih-canggihnya kehidupan yang kita katakan modern ini, ujung-ujungnya yang kita cari adalah kedamaian sederhana yang masyarakat sebelumnya pun sudah pahami.

Kuliah

Nilai Semester 6

Jadi ceritanya nilai semester 6 ini sudah keluar. FYI, bagi saya sejauh saya berkuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini semester 6 inilah semester yang paling berat. Mata kuliahnya banyak yang masuk ke level konsep yang cukup abstrak dan tidak berwujud. Nilainya? Hahaha, tidak selegendaris semester sebelumnya tapi sudah lulus saja Alhamdulillah deh.

KKN, Kuliah Kerja Nyata

KKN Sukagalih Unite

Saya cukup beruntung mendapatkan lokasi KKN di kotamadya Bandung. Asumsi saya saat memilih lokasi KKN (FYI, di UPI kamu bisa memilih lokasi KKN secara online meskipun sistem-nya bisa saya katakan masih jauh dari sempurna) ada dua: pilih tempat yang dekat sekalian atau tempat yang jauh sekalian. Harapan saya pun tidak muluk-muluk amat, yang penting teman-teman satu kelompoknya tidak aneh-aneh.

Setelah mempertimbangkan banyak faktor, termasuk faktor pekerjaan yang timeline-nya akan bentrok dengan KKN, saya akhirnya mengambil opsi yang dekat sekalian. It was a good decision. Saya mendapat tempat yang mudah dijangkau, kontrakan yang meskipun kecil namun cukup nyaman, dan yang paling penting: teman KKN yang asik-asik. Satu diantaranya bahkan super nyambung sekali dengan saya, sampai heran saya juga. πŸ˜€

Program-program kita berjalan dengan lancar dan Alhamdulillah, tanpa ada kejadian macam-macam. Beberapa hari setelah KKN, saya dan teman-teman sepernongkrongan #LimamuUnite (Limamu adalah food court di daerah gerlong UPI dimana dalam sepekan sekali saya biasanya ikut berkumpul dengan beberapa teman sejurusan untuk ngobrol ngalor ngidul melepas penat selama mungkin) buka bareng dan ngobrolin pengalaman KKN masing-masing. Ada yang asik, ada yang asik sekali, ada yang menderita selama 40 hari terakhir, dan ada yang super menderita sekali sehingga segera memanjatkan puja dan puji ketika program KKN berakhir. Inti dari obrolan kami: Poin terpenting yang akan menyangkut kebahagiaan selama menjalankan program KKN adalah teman segrup yang tidak rese. Berdasarkan pengalaman teman-teman #LimamuUnite (dengan jumlah responden sekitar 6 orang saja, pikirkan juga faktor ini), teman-teman yang tidak rese dan super niat untuk menjalankan KKN biasanya memilih tempat-tempat KKN yang jauh sekalian.

Well, saya sepertinya sangat beruntung karena memilih lokasi KKN yang dekat dan mendapatkan teman-teman yang sangat baik. I’m a lucky lucky guy, thanks to God πŸ™‚

Web based stuffs & Skills

Learning Git

Karena kebutuhan salah satu project yang sedang dikerjakan bulan ini, saya jadi mempelajari git, distributed version control system yang dikembangkan Linus Trovald si penggagas kernel Linux. It is awesome. Tadinya saya pikir git ini akan membuat workflow saya menjadi rumit dan ternyata perkiraan saya salah. Selain membantu sekali dalam collaborative project, git sangat bermanfaat untuk ‘merekam’ apa saja perubahan yang dilakukan terhadap project yang sedang dikerjakan. Bahkan, kamu bisa revert back ke satu titik commit tertentu just in case perubahan terbaru yang kamu kerjakan malah membuat project yang sedang kamu kerjakan ngaco.

Github & Thoughtplifier

fikrirasyid on github

Github adalah layanan yang menyediakan remote repository berbasis git gratis untuk project yang berkode terbuka. Dalam rangka mempelajari git lebih dalam, saya akhirnya memberdayakan akun github saya yang sudah dibuat entah dari kapan itu. Project pertama yang saya host di Github adalah Thoughtplifier simple WordPress Theme yang saya gunakan untuk fikrirasyid.com. Kamu bisa ikut berkolaborasi mengembangkan Thoughtplifier atau mengunduh serta menggunakannya secara gratis, tinggal unduh / fork di sini.

GitX

GitX, GUI app for git

Saya bukan command line person, jadi saat diharuskan menggunakan git yang interface dasarnya menggunakan command line saya agak jiper juga. Untungnya ada GitX, Free Graphical User Interface App untuk mengakses git untuk platform OS X (Mac). Kamu bisa download aplikasinya di laman resminya, namun saran saya gunakan versi yang di-fork oleh Nathan Kinsinger di github. Terdapat beberapa fitur yang sudah ditambahkan seperti antarmuka untuk push dan pull, dll.

Projects

Saya sedang meng-handle beberapa WordPress Theme project namun belum ada project yang sudah finish dan siap dipublikasikan. Kemarin dapat project merevisi sebuah theme yang saya develop sebelumnya dan sudah hampir selesai sih, lumayan untuk THR πŸ˜€

Apps, Gigs & Trips

Belum ada aplikasi baru, gig yang saya datangi ataupun perjalanan yang saya lakukan di bulan agustus ini. Fokus KKN dulu, agar kuliah segera beres :))

Movie

Harry Potter 7 part 2, Transformers 3 & Kungfu Panda 2

Kungfu Panda 2

Karena lokasi KKN yang cukup dekat dengan XXI BTC, saat film-film box office ini akhirnya masuk ke Indonesia, saya dan teman-teman KKN langsung segera mengatur jadwal kosong untuk nonton bareng. Haha, it was awesome. Harry Potter 7 pt. 2 cukup bagus (dipicu karena rasa penasaran sudah menonton film-film sebelumnya), Transformers 3 tetap keren dari segi visual effect meskipun dari segi cerita membuat waktu terasa berjalan sangat lambaaaaat sekali sedangkan Kungfu Panda 2 … IT WAS AWESOME! Kocak, menegangkan dan penuh ‘pesan’. Omong-omong, XXI di BTC ini lumayan asik juga: harga tiketnya murah (Weekday IDR 15,000 saja dan weekend IDR 25,000) dan yang paling penting… SEPI SEKALI PEMIRSA! Maksud saya sepi ini bukan sangat sepi tapi antriannya tidak panjang, bahkan untuk film box office di akhir pekan. Ini aspek paling keren dari XXI BTC meskipun BTC-nya kurang oke sih, manajemen parkirnya perlu ditingkatkan lagi.

Device

iPad 2

the iPad 2 comes true

Yak, akhirnya saya bisa mencoret salah satu target tahun ini. Si MacBook Pro akhirnya ‘beranak’ iDevices lain juga, iPad2. Gambar yang saya gantung di sudut meja kerja saya itu akhirnya jadi kenyataan juga. Once again, dream comes true. Saya akan menulis lebih banyak tentang device ini di post-post kedepan πŸ™‚

***

Untuk sekarang baru sampai situ sih. September segera tiba, can’t wait for this month’s excitement! πŸ˜€