Baru selang tiga hari saya sudah liqo lagi. Dan kali ini rocking sekali karena diadakannya setelah shalat subuh. Haha, untung diselenggarakannya di masjid dekat rumah saya :p Kesannya satu: belajar “bersama” atau berdiskusi setelah shalat subuh itu enak sekali. Awalnya memang mengantuk, tapi kalau “waktu kritis”nya sudah lewat, jadi segar ๐Ÿ™‚

Topik liqo hari ini mengenai shalat subuh. Seingat saya pernah dibahas dan saya tulis di blog ini, tapi sekedar mengingatkan akan saya tulis lagi sekarang. Seperti biasa saya juga livetweet dari akun twitter saya menggunakan hashtag #liqo. Well, saya rasa ada baiknya juga anda follow saya di twitter ๐Ÿ˜‰

Tentang ujian

Pada dasarnya, hidup adalah ujian. Setiap episode kehidupan, baik senang ataupun susah adalah ujian. Parameter ujian itu, hanya dua: mendekatkan / menjauhkan diri dari Allah.

Tentang shalat subuh

Shalat juga merupakan ujian. Berdasarkan hadis, shalat yang paling berat adalah shalat isya dan subuh. Bahkan berdasarkan beberapa hadis, bahkan Rasul menggunakan kehadiran sahabat dalam shalat subuh berjamaah di masjid sebagai indikator keimanan dan menentukan apakah seorang sahabat munafik atau tidak karena shalat subuh merupakan shalat yang paling berat bagi seorang munafik.

Anyway, untuk poin-poin mengenai hadis ini, ada yang tahu teks hadisnya? Untuk cross-check saja ๐Ÿ™‚

Ohya, saya juga jadi belajar hal baru: batas waktu shalat isya itu hingga tengah malam, bukan waktu subuh.

Ada beberapa pendapat yang mengutarakan bahwa umat islam baru “berbahaya” jika jama’ah shalat subuh sudah sebanyak jama’at shalat jum’at. Sebelum titik itu tercapai, umat islam tidak ada apa-apanya.

Tentang umat islam

Beberapa prediksi misionaris eropa: tanpa peperangan pun, umat islam akan mendominasi dunia karena rasio kelahiran. Rasio kelahiran di negara-negara maju hari ini menurun dengan sangat drastis sementara rasio kelahiran umat islam cenderung stabil atau bahkan naik. Tutor saya sempat bercerita kalau Rasul menyunahkan untuk memiliki banyak anak, tapi saya belum pernah dengar hadisnya. Ada yang tahu?

Yap, itu dia poin-poin yang didiskusikan pada Liqo hari ini. Tidak semua saya tulis karena obrolannya agak melebar ke berbagai diskusi seperti emas, ekonomi syariah, dan lain-lain. Mungkin akan saya bahas di tulisan lain. Untuk mengetahui lebih detail bisa follow saya di @fikrirasyid ๐Ÿ˜€

Yak, belajar hal baru sepagi ini. Apa yang sudah anda pelajari hari ini?

P.S.

Agak sulit memang kalau mau maju sendiri. Lebih mudah kalau punya mentor n lingkaran sosial yang memiliki minat yang sama.