Kenapa gue ngga ngerokok? Karena gue ngga ngelihat manfaat apapun dari merokok. Yang gue liat:

  1. Lu perlu keluar uang, dobel: untuk beli rokoknya, dan biaya pengobatan yang akan muncul beberapa tahun atau puluhan tahun mendatang untuk setiap penurunan kesehatan pada anggota tubuh yg disebabkan oleh rokok yang lu hisap. Anyway, pengobatan itu ngga murah. Puluhan tahun dari sekarang gue lebih pilih keluar uang untuk dana pendidikan keluarga daripada bayar rumah sakit yang disebabkan kebiasaan gue ngerokok.
  2. Ketergantungan pada hal yang sifatnya konsumtif. Ini lebih parah sih: ketergantungan pada hal yang konsumtf dan sifatnya merusa. Rugi dobel. Semakin banyak ketergantungan elu, semakin ngga merdeka elu.
  3. It slowly kills you. Oke deh lu bisa bilang lu ngga peduli kalo lu sakit ato lu mati karena badan badan lu ini, tapi inget lu punya keluarga dan orang-orang yang yang sayang sama elu. Mereka ini yang mengorbankan waktu, dana dan telaga kalo elu kenapa-kenapa. Gue sih ngga berminat nyusahin orang-orang yang gue sayang, jadi seenggaknya gue bisa membantu dengan cara mengurangi satu penyebab utama kesehatan gue turun: ngga ngerokok.

Itu aja sih.