Ada seorang teman yang bertanya pada saya,

” Kenapa semua motivator bilang life is wonderfull?”

“karena hidup memang begitu adanya. Dunia manusia diciptakan oleh manusia itu sendiri”, jawab saya

“Loh, masalah keluarga kan banyak, ngga semua orangtua utuh, dan banyak orangtua yang memahami peran mereka sebagai orangtua”

ini jawaban saya terhadap pertanyaan ini.

“Life is wonderfull”. Memang begitu adanya.
“Life is sucks” Jika anda memang menginginkan hal itu, ya memang begitu adanya.
“i’m not happy with my life” Anda berkata demikian, itulah adanya.
“i love my life. Life is very amazing!” ya memang demikian adanya.

Apa maknanya?

Saya diingatkan kembali tentang sebuah hikmah oleh karakter master Oogway di KungFu Panda. Sebuah perkataan lama yang sangat bijak.

“Tidak ada berita baik atau berita buruk. Yang ada hanya berita”

apa artinya? yang ada hanyalah berita. Dan anda memiliki hak penuh untuk menentukan berita itu baik atau buruk. namun sayangnya, kebanyakan dari kita tidak menggunakan hak itu dengan baik.

Dan dunia pun begitu. Anda memiliki hak penuh untuk menentukan, apakah dunia yang anda tinggali merupakan dunia yang baik atau dunia yang buruk.

Ketika anda merasakan bahwa hidup ini sangat menyengsarakan, anda melihat orang lain lebih bahagia daripada anda, mereka memiliki apa yang anda tidak miliki, anda merasa bahwa kehidupan ini sungguh tidak adil karena Tuhan tidak memberikan kepada anda apa yang telah Dia berikan untuk yang lain, anda melihat bahwa kehidupan anda sangat bermasalah, segalanya tidak beres, segalanya tidak menyenangkan, hidup terasa sempit dan anda selalu merasa tidak puas dengan apa yang telah anda miliki, ya wajar saja hidup anda merasa hidup ini sungguh menyebalkan.

Namun ketika anda memutuskan untuk bahagia, anda fokus pada kebahagiaan, anda memanggil kebahagiaan dengan cara mensyukuri apa yang anda sudah miliki dan ikhlas pada atas apa yang anda tidak miliki, seketika anda merasakan kebahagiaan yang tidak terlukiskan. entah mengapa anda merasa bahagia. padahal tidak ada yang berubah, bumi tetap berada pada peredarannya, sehari tetap 24 jam, masalah – masalah anda juga tetap ada, tidak ada yang berubah, namun fokus dan keyakinan anda tentang hidup anda rubah. Seketika perasaan anda dan hidup anda akan nyaman sekali. Anda akan tahu, “kebahagiaan” seperti apa yang anda rasakan.

Ini sebuah hal sederhana tentang kehidupan yang mana sebagian orang berfikir terlalu ngejelimet tentang hal ini. πŸ˜›

Jika anda menginginkan hidup yang bahagia, bersyukurlah. ikhlas lah.
Jika anda menginginkan hidup yang tidak bahagia, merasa kuranglah.

Kembali kepertanyaan pertama, “mengapa motivator selalu bilang life is wonderfull?”

Karena mereka memutuskan bahwa hidup mereka memang “wonderfull”

Tidak percaya? Silahkan tanya pada motivator yang berkata ” Life is wonderfull”

πŸ˜‰