iPad Homescreen

Salah satu faktor yang membuat platform iOS (iPad, iPhone, iPod Touch) demikian menggoda dan keren adalah third-party apps-nya. Di tulisan ini saya hendak berbagi pengalaman aplikasi-aplikasi apa saja yang sudah saya gunakan dan pendapat saya (sejauh ini) mengenai aplikasi-aplikasi tersebut.

Homescreen Apps

Berikut ini empat aplikasi yang saya letakan di dock (bener bukan sih dock?) homescreen yang artinya app yang sangat sering saya akses.

  1. Twitter
    Pretty much self explanatory. Untuk twitteran.
  2. Safari
    Idem. Browser untuk browsing LOL Do we have an alternative, by the way?
  3. Mail
    Dealing with emails.
  4. iPod
    Mendengarkan musik, apa lagi? ๐Ÿ˜€

Memories Apps

iPad memories app

Aplikasi-aplikasi yang saya gunakan untuk membantu saya mengingat banyak hal yang harus diingat tapi sering kali sulit diingat.

  1. Notes
    Aplikasi note taking bawaan iOS. Bisa di-sync dengan notes di mail.app-nya Mac, tapi entah kenapa saya kurang nyaman dengan app ini. Jarang digunakan.
  2. Evernote
    One of the most awesome note taking and note management app out there. Sinkronisasi over-the-air via cloud secara real time ditambah mobile + desktop + web app for free (up to 40 MB data transfer monthly). Saya sudah terbiasa dan sangat nyaman dengan Mac version-nya, jadi ya otomatis saya gunakan app ini. Selain digunakan untuk catatan random, catatan kuliah saya semua-nya disimpan disini. Jadi kalau kuliah, alih-alih buka buku tulis (karena ujung-ujungnya pasti saya gunakan untuk menggambar tidak jelas, dan tulisan tangan saya jelek sekali) saya lebih sering catat di evernote.
  3. Contacts
    Address book-nya iOS. Aplikasi bawaan iOS. Sudah baca tulisan saya tentang cara sinkronisasi kontak iPad, Mac dan Android?
  4. Calendar
    iCal-nya iOS, aplikasi bawaan iOS. Sudah lebih dari cukup sih, terutama kemampuan sinkronisasi-nya dengan iCal.
  5. Penultimate
    Handwriting based note taking app. Kadang-kadang ada yang tidak bisa dicatat menggunakan keyboard di evernote, jadi saya gunakan juga app ini. Mayoritas saya gunakan untuk note-taking di dalam kelas.
  6. Wunderlist
    To-do-list app. Sama seperti evernote, kelebihan wunderlist ini, selain GUI-nya yang sangat indah, adalah over-the-air synchronization dan web + mobile + desktop app-nya.
  7. MindNode
    MindMapping app. Berhubung saya orang yang sangat visual, membaca buku bahan kuliah sering kali memusingkan saya. Lebih mudah dibuat peta pikiran begini. Kenapa tidak dibuat di penultimate saja? Masalah utama penultimate adalah ukuran canvas-nya yang sebegitu-begitu saja, tidak bisa di-expand. Yang namanya bagan mind mapping kan kadang-kadang ngga kira-kira besarnya, tergantung konsep yang ada saja.
  8. Brushes
    Brushing app dengan support multi-layers. Niat-nya sih ingin mengasah kembali kemampuan menggambar saya, tapi setelah di test-drive kok kemampuan menggambar saya perasaan makin jelek ya? XD Jadi jarang sekali digunakan deh :))
  9. Dictionary
    Dictionary app. Sebagai mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, app ini berguna sekali ๐Ÿ˜€ Omong-omong, di iOS kok tidak ada default dictionary app seperti di Mac ya? Sayang sekali ๐Ÿ™

Reading / Content Consumption Apps

iPad reading app

Aplikasi-aplikasi yang saya gunakan untuk mengkonsumsi konten, entah itu dalam bentuk text / video.

  1. iBooks
    Reader app bawaan iOS, support file format .pdf dan .epub. Terhubung ke iBookStore-nya Apple yang bisa langsung membeli eBook secara langsung. Sayangnya sepengetahuan saya (CMIIW) Apple Store ID belum support pembelian ebook di iBookStore deh.
  2. Flipboard
    Salah satu top recommended apps untuk news reading. Transisi dan efek animasinya sangat mempesona, sayang konten-nya kurang personalized, saya jadi lebih sering ngeflip halaman alih-alih membacanya kontennya. Sekarang lebih sering baca di Zite saja.
  3. Pulse News
    RSS Reader apps dengan interface yang sangat menarik + bisa connected dengan Google Reader. Kekurangannya hanya limitasi jumlah page dan feed source.
  4. Wayang Force
    EBook & magazine reader lokal yang bekerja sama dengan penerbit-penerbit lokal. Tidak pernah saya gunakan, konten ebook-nya nampak tidak dioptimasi untuk tablet deh, serasa halaman majalah dicapture begitu saja :
  5. TED
    Aplikasi untuk menonton konten-konten speech TED Talk yang ciamik itu.
  6. Zite
    Personalized news reader. Meskipun secara efek dan animasi kalah dari Flipboard, tapi opsi untuk me-like, dis-like dan personalized newsnya membuat konten yang dimunculkan oleh Zite relatif sangat sesuai dengan interest saya. Recommended Apps (Thanks to Richard Fang for the recommendation).
  7. Youtube
    YouTube App. Pretty self explanatory, eh?

Tools Apps

iPad tool apps

Aplikasi-aplikasi yang tujuannya seperti ‘perkakas’. Haha, saya susah mencari deskripsi yang tepat untuk aplikasi-aplikasi ini.

  1. MyKeePass
    Aplikasi untuk membuka file .kdb (database username dan password yang digunakan KeePassX) yang tidak pernah saya gunakan karena tidak support dropbox app. Sial, karena sudahmah App berbayar, malah tidak terpakai -__-“
  2. Dropbox
    Syncrhonized folder for desktop, mobile and web.ย Baca disiniย untuk lebih lengkapnya. A must have.
  3. Find iPhone
    Aplikasi untuk men-track lokasi iDevice, just in case.
  4. MiniKeePass
    Username and password manager. Aplikasi untuk membuka file .kdb-nya KeePassX.
  5. Remote
    Aplikasi untuk mengontrol library iTunes-nya Mac.
  6. Videos
    Video viewer bawaan iOS.
  7. Maps
    Google Maps App bawaan iOS.
  8. Settings
    Area konfigurasi-nya iOS.

Photography Apps

iPad photography app

Aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan fotografi.

  1. Camera
    Camera app bawaan iOS.
  2. Photo Booth
    Aplikasi untuk photobox-an lengkap dengan efek-efek-nya, seperti Photo Booth di Mac. Ini merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat jika sedang ngumpul-ngumpul dengan teman dan kerabat, seriously. Hanya dua kekurangan-nya: 1) Kualitas kamera iPad 2 yang belum terlalu oke 2) Masa tidak ada timer-nya sih? -__-” Photo Booth-nya Mac saja punya :3
  3. Instagram
    Social photo sharing app yang dilengkapi dengan berbagai filter untuk mempercantik memanipulasi photo. Saya niatnya menggunakan ini untuk ngetes saja sih, social climber gitu loh *halah*
  4. Snapseed
    Photo editiing app, dilengkapi dengan berbagai filter untuk memanipulasi photo. Aplikasi berbayar yang saya dapat dengan gratis karena sedang sale ๐Ÿ˜€ #GratisanUnite
  5. Photos
    Photo viewer app.

Games Apps

iPad games app

Games, untuk bersenang-senang atau memicu adrenalin kembali dikala mengantuk ๐Ÿ˜€

  1. MetalStorm
    Game simulasi dogfighting pesawat tempur. Cukup menarik diawal, lama kelamaan bosan juga tapi begitu-begitu terus :))
  2. Angry Birds FREE
    Karena tidak lengkap nampaknya iPad tanpa game super populer ini. Kenapa yang FREE? Karena saya tidak begitu suka main Angry Birds sih, Angry Birds RIO di Mac saja tidak beres-beres. Yang senang sekali main Angry Birds ini Ibu saya sebenarnya ๐Ÿ˜€
  3. Real Racing 2 HD
    Racing game yang kualitas gambar dan gameplay-nya sangat ciamik. Beda dengan Asphalt 6 (saya coba versi Mac) yang cenderung tidak realistis, Real Racing 2 HD ini lebih simulation-alike
  4. Iron Man 2
    Action game dengan basis cerita Iron Man 2.
  5. Game Center
    Social layer untuk game-game di platform iOS
  6. N.O.V.A. 2
    FPS game dengan setting seperti Starship Troopers begitu. Kontrol via gyroscope nya cukup menantang dan mengasyikkan, jadi jumpalitan sendiri ๐Ÿ˜€
  7. Tiny Tower
    Ini saya baru download kemarin dan sempet bingung juga mainnya seperti apa. Tapi setelah beberapa menit bisa ketagihan sendiri ini, bahaya XD

Social Apps

iPad Social networking app

Aplikasi-aplikasi yang saya gunakan untuk ber-social networking atau mengelola akun social media.

  1. Y! Messenger
    Yahoo messanger app. Untuk chatting, tapi saya belum pernah gunakan karena saya tidak suka chatting. Untuk jaga-jaga saja siapa tahu butuh.
  2. Skype
    Skype app. Idem seperti Y! Messenger app.
  3. Facebook
    Facebook app.
  4. FaceTime
    Video calling platform-nya Apple. Belum pernah saya gunakan karena.. well siapa yang mau telpon saya? XD
  5. WordPress
    Aplikasi untuk mengelola akun WordPress, baik self-hosted ataupun WordPress.com account

iWork Apps

iPad iWork app

Office suite buatan Apple. Karena saya sudah *cukup* terbiasa dengan versi Mac-nya, ditambah asumsi bahwa dengan iCloud kedepannya akan lebih mudah sinkronisasi file-nya jika menggunakan iWork suite ini maka saya beli saja versi iPad-nya. Sejauh ini saya baru gunakan Pages sih, Numbers dan Keynote belum ada kesempatan (baca: tugas atau kerjaan) yang membutuhkan Apps ini.

  1. Numbers
    Spreadsheet processing app
  2. Pages
    Document processing app
  3. Keynote
    Slide presentation processing app

Music Apps

iPad music app

Aplikasi yang saya gunakan untuk membuat musik. Saya memiliki visi tersendiri untuk hal ini hanya belum sempat bereksplorasi saja. Anyway, musik-musik yang saya hasilkan via Mac bisa didengarkan di akun soundcloud saya *loh kok jadi promosi* ๐Ÿ˜€

  1. GarageBand
    Audio recording + digital instrument App
  2. Jammit
    Aplikasi untuk mengisolasi audio per track.

That’s it. Jika ada yang ingin ditambahkan, dikoreksi atau direkomendasikan, silahkan share di kolom komentar ya ๐Ÿ˜€