Kalo lu mencari tempat berendam air panas di daerah Ciater yang bukan Sari Ater dan tempat berendam air panas lain yang sudah populer, gue saranin coba berendam di Gracia Spa Hotspring.

Beberapa pekan lalu teman-teman istri gue dari jakarta sedang datang nengokin Bandung selama dua hari semalam. Setelah jemput dan ngobrol seharian tentang apa yang mau coba dilakukan, kita sepakat untuk nginep di daerah sersan bajuri atas, santai-santai, dan rileks dengan cara berendam air panas di keesokan paginya.

Kalo udah ada di daerah Setiabudi keatas situ, tempat berendam air panas yang paling memungkinkan ya daerah Subang / Sari Ater sana. Tapi alih-alih ke Sari Ater yang sudah terkenal, gue dan Istri ngusulin untuk berendam di Gracia Spa aja. Beberapa bulan lalu gue pernah nginep di cottage-nya, dan ada tempat berendamnya yang buka selama 24 jam dan enak banget. Ngga terlalu crowded pula.

Gracia Spa Subang

Gracia Spa ini letaknya ada di sebelum Ciater dan pemandian air panas lainnya. Jadi setelah beres nanjak berbelok-belok di area kebun teh dari lembang ke arah subang dan udah mulai turunan, lu perhatiin di sebelah kanan ada plang ngga terlalu besar bertuliskan Gracia Spa. Ngga jauh dari plang itu, kalo lu dari Bandung, ada belokan ke arah kanan. Belok kanan dan masuk aja terus. Dari belokan ini, seinget gue masih jalan sekitar 1 – 2 km lagi. Di kiri – kanannya literally kebun teh 😁

Lumayan rada jauh jalan menuju kaya begini-nya. Kalo agak bingung tanya aja ke penduduk sekitar bener ngga ini arah ke Gracia Spa.

Setelah jalan sekitar 1 – 2km-an, seharusnya lu udah sampai di Gracia Spa. Gracia Spa ini wujudnya resort; Jadi semacam kompleks yang ada banyak villa / cottage-nya. Tempat berendam air panasnya bisa lu temukan di samping bangunan front-office dan cafe yang ada beberapa puluh meter setelah gerbang masuk.

Berikut ini beberapa foto yang sempat gue ambil saat ada di Gracia Spa. Untuk experience yang lebih detail, lu bisa liat vlog #HORE episode 013 yang gue letakkan di awal artikel.

It was a fun day!

Sudah pernah ke Gracia Spa? Atau punya rekomendasi spot berendam lain yang oke? Let me know.