Selling is tough by sionfullana

"Selling is tough" by sionfullana

Saya terkadang suka geli juga kalau melihat beberapa teman saya yang terkadang suka memandang sebelah mata sales atau siapapun yang jualan. Mengapa? Karena pada dasarnya, hidup itu kan jualan. Terlebih lagi, dari salah satu buku karangan Robert Kiyosaki yang saya baca, salah satu kemampuan yang menentukan apakah anda bisa kaya atau tidak adalah jualan.

Coba anda pikirkan hal tersebut.

Katakanlah anda memiliki bisnis yang sudah jalan dan ingin melakukan inovasi untuk memperbesar bisnis anda. Masalahnya adalah, tidak ada modal. Apa yang dilakukan kemudian? Anda mencari investor dan menjual ide inovasi bisnis anda agar mereka mau menanamkan modalnya.

Got the idea? Mari kita lihat contoh-contoh lain:

Pedagang: Jelas harus bisa menjual untuk mendapatkan keuntungan

Guru / Dosen / Pengajar: Menjual kemampuan mendidiknya pada institusi dan dibayar oleh institusi pendidikan tempat dia bernaung. Tidak bisa menjual/menawarkan kemampuan mendidiknya? Tidak ada yang mau meng-hire.

Designer: Menjual kemampuan design-nya

Musisi: Menjual hasil karya dan kemampuan manggung

Blogger: Menjual perspektif diri, minat, kemampuan, passion, dan pengalaman kepada pembacanya sehingga pembacanya tahu apa yang pemilik blog mampu lakukan.

Karyawan: Menjual waktu dan kemampuan kepada perusahaan.

Melamar: Menjual kelebihan diri agar yang dilamar mau memilih anda.

Think back. Pada dasarnya semua jualan kan? Coba pikirkan kembali. Kalau masih agak mengganjal, asosiasikan dengan inti dari jualan. Jualan itu menawarkan. Ganti kata jualan yang saya garis bawahi diatas dengan menawarkan. Semoga mendapat pencerahan ๐Ÿ™‚

Itu pendapat saya, pendapat anda?