Beberapa tahun yang lalu gue menyadari hal ini: lu ngga bakal pernah tahu hal apa yang lu lakukan yang akan terus membekas di kenangan orang lain. Buat lu mungkin cuma hal sepele, tapi buat orang lain bisa jadi monumental life lessons1.

Karena sekarang sedang hari guru,2 gue mau mengingat-ingat beberapa hal yang dari guru dan dosen yang masih membekas di pikiran gue sampai sekarang:

  1. Abi Nugi Nugraha
    Sempat jadi wali kelas dan wali kamar pas maish nyantri. Baik banget sampe gue sering nitip kaset3 kalau dia lagi pulang. Di pesantren yang gue jalanin dulu, lu ngga boleh pulang selama 5 bulan penuh.
  2. Pak Riesky
    Dosen grammar yang di kelasnya gue selalu dapat nilai C4 :)) Tapi gue jadi ngerti aturan grammar Bahasa Inggris itu sebenarnya gimana sih. Salah satu dosen yang menurut gue paling professional (datang tepat waktu, mahasiswa telat disuruh keluar, manajemen tugas rapih, dll). Jempol deh.
  3. Pak Eki
    Sempet diajar di kelas phonetics. Satu kalimat yang masih gue inget sampe sekarang: “Jangan ngarang pengucapan sendiri, cek di kamus“.
  4. Bu Ika
    Dosen pembimbing yang ngga segan-segan ngomong apa adanya supaya mahasiswanya maju. Keras sih, tapi buat yang tahan jadi terdorong buat maju. Gue pernah dapet nilai C di kelasnya. Terus diomelin dan diarahin. Di kelas lanjutannya dapet nilai A. Jadi inget nyokap yang kalo ngarahin keras: daripada kamu anjlok terus mendingan saya kerasin dikit sini.
  5. Pak Didi
    Dosen yang selalu senyum dan kalo berbicara serasa sejuk banget :)) Gue baca satu bab buku referensi ngga ngerti-ngerti, beliau jelasin cuman lima menit seisi kelas langsung oooh-begitu-toh. Bisa banget nyederhanain konsep yang njlimet. Epic awesomeness.
  6. Bu Emi
    Kalau di antara mahasiswa Bahasa Inggris, Bu Emi sih kayanya udah masuk level legend. Sabdanya yang paling nempel: Matakna maca! :))) Super teliti. Jangan harap draft mahasiswa bimbingan skripsinya bersih. Pasti corat-coret dimana-mana.
  7. Pak Pupung
    Dosen pembimbing yang sangat rapih, terstruktur, dan baik banget. Sms bimbingan asal sopan pasti dijawab, mau meluangkan waktu untuk mahasiswa asal sudah buat appointment dulu.

Sebenarnya gue berniat menulis hal-hal spesifik yang diajarkan guru dan dosen gue, namun entah kenapa ini yang teringat. Sepertinya benar kata nyokap: materi pembelajaran mah bisa hilang, attitude dan sikap akan selalu nempel.

Selamat hari guru semuanya.


  1. Jadi inget kalo pas lagi #LimamuUnite gue suka nyerocos lu-bakal-inget-ini-seumur-hidup-lu LOL 

  2. Sebenarnya belakangan gue ngga terlalu peduli dengan berbagai macam “hari-hari” dan perayaan, tapi khusus hari guru ini gue merasa ada yang berbeda. Ya wajar lah, kakek – nenek gue guru, kedua orang tua gue dosen, gue dan saudari gue S.Pd semua, istri gue sedang lanjutin M.Pd., bahkan mertua gue guru juga. Paket lengkap. Guru kabeh. 

  3. Masih jamannya walkman 

  4. IPK gue pas lulus 3.5-ish. Memang penuh tantangan kelasnya sih