Kemarin gue dan istri main ke Graha Mandala Siliwangi karena ada pameran rumah disana. Setelah nyamperin tiap booth dan ngebaca tiap brosur yang dikasih, pola yang muncul dari perumahan-perumahan yang dipromosiin di pameran ini:

  1. Perumahan-perumahan ini umumnya dikembangkan kalo ngga di daerah Bandung Timur (Ujung berung – Pasir Impun – sampai ke daerah Cicalengka), sekitar buah batu dekat Telkom, atau di Cimahi. Tanah di Bandung tengah udah pada habis / mahal kali ya, jadi pembangunan udah mulai di pinggir-pinggirnya sekarang.
  2. Harga rumah-nya berkisar diatas Rp. 350jt – Rp 1 M. Yang tiga ratus jutaan itu hunian dengan dua kamar tidur dan lokasinya di ujung Bandung mepet kabupaten. Kalo udah masuk kota Bandung, harganya udah diatas Rp 450jt-an. Itu pun agak pinggir dan tipe paling sederhana (dua kamar tidur).

Beres dari pameran, kepala gue jadi pening šŸ˜

Anyway, kalo googling informasi mengenai rumah di Googling isinya iklan kabeh. Gue pribadi biasanya nyari info rumah di UrbanIndo (ahem). Ada yang punya referensi mengenai info-info perumahan di Bandung?

Untuk yang di luar Bandung, bisa berbagi informasi kondisi harga perumahan di kota kalian gimana?