Annotated Workspace by Guillermo Esteves

Annotated Workspace by Guillermo Esteves

Saya baru saja membaca ulasan NavinoT mengenai trend aplikasi yang nampaknya berputar balik. Awalnya orang-orang menggunakan applikasi desktop. Lalu muncul applikasi web yang lebih social, dan orang berpaling ke aplikasi web yang membuatnya lebih partisipatif. Namun lambat laun, banyak aplikasi desktop yang muncul untuk satu fungsi masing-masing web. Tren seperti berbalik: Dari desktop ke web kembali lagi ke desktop.

Saya sudah menambahkan komentar saya mengai hal tersebut di ulasan NavinoT. Menurut saya, aplikasi desktop yang menghandle fungsi aplikasi web tersebut menjadi marak karena faktor mudah dan praktis saja. Lebih mudah upload foto ke flickr menggunakan flickr uploader dari pada masuk flickr, lalu login, dan berbagai langkah lain yang sangat boros tersebut kan?

Mana yang lebih mudah dan praktis, lebih digunakan user. Jika lebih mudah dan praktis menggunakan aplikasi desktop dari pada aplikasi web, melakukan sedikit langkah instalasi tidak masalah lah πŸ™‚

Oya, ini daftar aplikasi desktop untuk web yang saya gunakan beserta fungsi dan alasan mengapa saya menggunakannya:

Note: saya tidak terlalu geek, jadi aplikasi yang saya gunakan tidak banyak πŸ™‚

Flickr Uploader
Fungsi: Mengunggah/Mengupload foto ke flickr
Sudah saya ulas diatas: Jika mengunggah file dalam jumlah banyak, jauh lebih mudah dan praktis menggunakan flickr uploader dari pada menggunakan UI di webnya.

FileZilla FTP Client
Fungsi: Mengunggah/Mengupload foto ke webserver
Sebenarnya Cpanel memiliki fitur upload melalui UI web. Tapi membandingkan kecepatan, kemudahan, dan derita (derita menunggu lamanya file terupload maksudnya), saya lebih menggunakan FileZilla deh.

Google Earth
Fungsi: menjelajahi “tampilan bumi virtual”
Yang ini memang tidak ada pilihan. Kita memang harus menginstall aplikasinya dulu sih.

Yahoo! Messanger
Fungsi: Instant Messanging
Daripada chat melalui dashboard Yahoo! Mail baru yang menurut saya “penuh sesak” dan tidak leluasa itu, lebih baik Install Y!M deh. Namun untuk jujur, saya hanya menggunakan Y!M untuk kepentingan mendesak seperti kontak Customer Service dan sharing file secara langsung saja. Sudah jarang chatting. Menggoda sekali sih. Paling banter chat via facebook chat saja πŸ˜›

Browser: Mozilla Firefox
Fungsi: Browsing! What else?
Kalau tidak ada browser, bagaimana mau mengakses aplikasi web? Ini aplikasi wajib yang harus terinstall! Di banding browser lain, firefox tetap menjadi pilihan lah, didukung dengan berbagai add ons kerennya πŸ˜€

Yap, itu aplikasi desktop untuk web yang saya gunakan. Bagaimana dengan anda? Ada tambahan?

P.S.

Tulisan ini termasuk ke dalam tulisan yang saya tulis untuk Kontes Berpikir Kritis Navinot 2009 untuk tema hari kedua: Shifting Back To Desktop. Anda juga punya blog? Mungkin anda bisa pertimbangkan untuk mengikuti kontes ini. Hadiah utamanya netbook HP mini note loh! Ada hadiah harian kaos keren NavinoTnya juga!