Dibunuh Makanan Sendiri

by | Dec 28, 2012 | Essays | 8 comments

Seinget gue, awal 2000-an dulu tiap kali ada yang bilang seseorang kena penyakit degeneratif (stroke, jantung, kanker, dll) biasanya orang tersebut usianya diatas 60an. Sekarang, makin banyak orang di-usia 40an keatas yang kena penyakit degeneratif. Heck, beberapa anak berusia muda malahan udah kena penyakit degeneratif hari gini mah.

Nyokap gue, ahli nutrisi + dosen biokimia + pembicara produk salah satu perusahaan nutrisi, bilang salah satu alasannya sederhana: makanan.

Sekarang makin banyak makanan instan yang mana membuat masyarakat makin terbiasa kita dengan makanan berpenyedap dan berbahan makanan tambahan artifisial lain yang notabene pemicu kanker. Sounds meh? Yea right. Tapi kalo gue lihat kebiasaan gue, ini jadi kontekstual dan menyeramkan sekali: bangun tidur udah minum kopi instan. Jalan-jalan makan fastfood. Di perjalanan ngga pernah lupa beli cemilan dari mini market. Di luar hujan, males keluar terus masak indomie. Masak sendiri, biar rada enak pake kecap atau bahan penyedap lain yang ngga mungkin bisa tahan selama itu kalau ngga pake pengawet.

Our food is exposed to additive food, which is a damn carcinogen.

Mendadak gue khawatir dengan diri gue yang terbiasa makan fastfood, beli cemilan di minimarket, dan ngga suka makan sayur (oh fuck that is soo me). Lebih khawatir lagi karena dengan kemajuan ekonomi dan naiknya tingkat kemakmuran, anak-anak generasi setelah gue (kelahiran 1995 keatas, dan lebih parah dialami oleh anak-anak kelahiran 2000an keatas) terbiasa dengan hal-hal diatas sejak mereka kecil.

Oh my.

Sampai usia berapa badan kita akan bertahan? I’m afraid it’d be worsen sooner than the previous generation.

I hope i’m wrong.

8 Comments

  1. jaka

    ada benarnya juga, tapi lebih parahnya lagi dikeluarga gue kalo tidak ada sayuran malam mie instan yang menjadi lauk :-/

    • Fikri Rasyid

      Itu budaya yang perlu dievaluasi lagi deh

  2. AMYunus

    Tuh, Fik. Dikurangi pizza domino nya πŸ˜†
    Gak suka sayur, Fik? Gue yang suka sayur aja susah nyari warteg yang nyediain sayur seger dan enak. Adanya di restoran, tapi masa’ tiap hari restoran πŸ™ #surhat

    • Fikri Rasyid

      Udah tahu harus dilakuin, tapi ya gitu deh 😐

  3. adrian reza

    Apakah solusinya memang harus rajin masak sendiri ya brad? Setidaknya tau proses bahan makanan yang dimasak serta kurangi vertsin *JamanSekolahBanget.

    Kemon brad jadi chef aja sekaligus nutrition expert yang jago develop web πŸ˜€

    • Fikri Rasyid

      Ngga tau brad, yang jelas gue jadi inget apa kata si Raja pas di kosan lu kalo dia kepengen punya peternakan n perkebunan sendiri supaya bisa ngejamin kualitas makanan yang dia makan. It makes sense sekarang, dulu gue ngga nangkep :))

      Ah, gue mah ngga usah jadi nutrition expert-nya jg gpp, yang penting sehatnya :))

  4. Sany Ulfah Mumtazah

    Bukan hanya bahan tambahan makanan yang ternyata penyebab penyakit degeneratif, tapi juga kebiasaan kurang beberapa jenis nutrisi karena tidak suka makanan jenis tertentu selama bertahun-tahun atau kelebihan nutrisi tertentu karena suka makanan jenis tersebut. Akibatnya tubuh jadi lemah. Misalnya ada kelompok orang yang ga suka makan ikan, sayuran, buah-buahan atau ada kelompok orang sukanya makan sate terus, gorengan terus (pisang di goreng, sambel di goreng, ayam digoreng, tahu-tempe digoreng, kerupuk di goreng, nasi juga di goreng)….

    Jadi gimana dong solusinya? Makanan jenis apa dan gimana proporsinya yang harus kita makan tiap hari? Sebenernya panduannya ada di piramida makanan (coba googling deh)… Makanya sekarang banyak makanan fungsional (misal klorofil, minyak ikan, gamat, spirulina) untuk memenuhi kebutuhan harian yang sehari-hari kurang….

    ————————————-
    Sany Ulfah Mumtazah, S.Pd., STP.
    Nutritionist
    0813 9467 2277
    2866B79F

    • Fikri Rasyid

      Here comes the expert πŸ˜€

Trackbacks/Pingbacks

  1. Yang Dipelajari di 2012 & Yang Direncanakan untuk 2013 | Fikri Rasyid - [...] itu udah mah butuh waktu lama buat milih yang pas, mana lumayan pricey pula -_- Oh, not to mention…