Di tengah masyarakat yang sangat materialitstis kaya sekarang, mudah banget buat seseorang jadi minder gara-gara harta. Dia punya A, B, C, D, E, gue ngga punya apa-apa. Gue juga dulu sempet minderan untuk urusan beginian sih, tapi seiring dengan berjalannya waktu ternyata ngga susah-susah banget juga buat mengatasi minder yang jenisnya begini. Here’s how:

  1. Liat harta benda yang dibangga-banggain itu dia beli sendiri atau dibeliin orang tua? Kalau dibeliin orang tua sih, pffft aja juga cukup buat mengatasi yang begini.
  2. Kalau cara no. 1 ngga cukup, coba liat apa aja hal yang dia udah hasilkan dengan barang-barang itu? Kalau ternyata barang-barang dan materi itu ngga membantu dia menghasilkan apa-apa, IMO ya berarti kebanyakan gaya aja sih. Masa iya mau minder ke orang yang kebanyakan gaya.

Kalo ternyata harta dari orang yang bersangkutan itu dia capai sendiri dan harta-harta tersebut membantu dia untuk mencapai hal-hal lain yang lebih hebat lagi, berarti lu ngga minder ke orang yang salah. IMO minder wajar-wajar aja sih, asal jangan ke orang yang salah. Kalau perlu minder, minder lah ke orang yang hebat biar terpacu juga supaya melakukan hal yang lebih oke. Kalau minder ke orang yang sebenarnya kebanyakan gaya doang, ya lu buang-buang waktu aja sih.