Dulu gue sering merhatiin beberapa orang tua yang tiap kali liat rumah yang ukurannya cukup besar, komentar pertamanya pasti:

Capek pasti bersihinnya rumah segede gitu mah.

Setelah sekarang tinggal di rumah sendiri1, gue baru nyadar kalo yang namanya bersihin dan ngurus rumah itu memang capek. Pagi ini gue bantuin istri bersih-bersih dan baru nyadar kalau untuk ngelap-ngelap + nyapu + ngepel aja bisa makan waktu sampai satu jam.  Apalagi bersihin rumah versi komplit:

  1. Beresin tempat tidur
  2. Cuci piring
  3. Nyapu
  4. Ngepel
  5. Cuci baju
  6. Jemur
  7. Masak
  8. Belanja ke pasar
  9. Masak
  10. Setelah masakan dimakan, cuci piring lagi. Cuci alat-alat masak juga.
  11. Ambil jemuran
  12. Nyetrika
  13. Kalo udah punya anak, sambil ngurus anak. Mandiin. Bajuin. Dll.

Belum lagi kalo ada masalah-masalah yang ngga terduga:

  1. Kalo hujan deras banget dan ternyata ada yang bocor
  2. Loh ini kok banyak nyamuk?
  3. Rat issue. That f**kin rat.
  4. Dan issue-issue lain yang ngga terduga dan baru kerasa kalo udah tinggal sendiri.

Capek emang. Dan gue langsung kepikiran komentar para sepuh tentang rumah-rumah yang besar itu: Rumah standar gini aja lumayan capek, apalagi capeknya ngebersihin rumah-rumah yang segede-gede gaban macem di daerah Batununggal / Setra Duta.

Managing home is no easy feat.


  1. Yang mana rumahnya ngga terlalu besar