Recto Verso, oleh Ninit di Flickr Account-nya

Recto Verso, oleh Ninit di Flickr Account-nya

Secara fisik, Recto Verso merupakan 11 Cerita Pendek dan 11 lagu. 11 cerita pendek yang terangkum dalam buku Recto Verso, dan 11 lagu yang tergabung ke dalam Album Recto Verso yang di jual terpisah. Namun jika digabungkan keduanya, Recto Verso merupakan “sebuah pengalaman baru dalam menikmati seni.”

Segitunya?

Ya. pertanyaannya adalah, mengapa segitunya?

Saya mengetahui Dewi “Dee” Lestari dari karya fenomenalnya : Supernova. Dan semenjak itu, saya mengagumi karya tulis salah satu anggota grup vokal ternama Rida Sita Dewi ini. Gaya menulisnya yang penuh dengan analogi dan pesan dan deskripsi situasi yang diletakan secara implisit dan cerdas memukau saya.

Dan di Recto Verso, Dee bahkan melakukan lebih dari itu.

Bayangkan satu lagu yang anda sangat sukai. Mengapa seseorang bisa menyukai satu lagu? Jika ditilik lebih dari sekedar rangkaian notasi lirik dan nada, saya kira karena lagu tersebut mewakili perasaannya akan sesuatu yang pernah terjadi dalam hidupnya.

Pertanyaannya adalah, bagaimana jika seseorang tersebut tidak memiliki pengalaman yang “berkaitan” dengan lagu tersebut? Saya kira orang tersebut tidak akan sampai pada taraf “sangat suka”. Suka saja, mungkin.

Disinilah cerdasnya Recto Verso. Cerpennya yang disampaikan dengan gaya bahasa cerdas supernova khas Dee, memberikan “pengalaman” dan “perasaan” kepada pembaca.Β  Setelah itu, lagunya yang dibangun berdasarkan cerpen – cerpen Recto Verso membuat anda mendapatkan feel lagu – lagu tersebut karena anda merasakan “perasaan” dan “pengalaman” dari lagu tersebut via cerpennya.

Wow, brilliant πŸ˜€

Jika ada yang patut disayangkan dari Recto Verso, hal tersebut adalah cerpennya yang – menurut saya- terlalu pendek (meski disisi lain membuat karya ini terasa “light” dan menyenangkan), Beberapa foto yang kurang ciamik, dan harganya yang lumayan mencengangkan. Apa lagi jika dibeli secara terpisah πŸ˜›

Overall, karya ini menarik. Dan ciamik! πŸ˜€

P.S.

Lagu favorit saya di album Recto Verso? Malaikat Juga Tahu, Aku Ada, Grow A Day Older, dan Cicak Di Dinding. Khusus yang terakhir, lagunya unik banget! πŸ˜€