Money

image is courtesy of aresauburn

Uang merupakan salah satu hal paling krusial yang sering dinafikan perannya. Uang memang bukan hal paling penting, namun hampir semua hal yang penting membutuhkan uang dalam pengimplementasiannya.

Mereka yang memiliki kemapuan finansial mumpuni memiliki keleluasaan lebih dalam menentukan pilihan-pilihan hidupnya. Lucunya, tidak satu jam pun dari pendidikan formal modern yang mendidik kita untuk memiliki kemampuan finansial yang mumpuni. Tidak heran jika keadaan ekonomi kita carut – marut.

Secara finansial, saya mungkin belum seberhasil teman-teman pengusaha lain. Tapi sebagai anak muda berusia 19 tahun, saya memiliki beberapa pemikiran yang akan sangat berguna untuk anda:

Kuncinya adalah memecahkan masalah

Root of all money tree is solving people’s problem.

Akar dari semua pohon uang adalah memecahkan masalah orang lain.

Fikri Rasyid – tweet

Saya tidak pernah menyangka bahwa keahlian membuat WordPress theme saya akan mendatangkan uang. Tapi masalah seputar WordPress theme memang ada. masalah yang saya pecahkan adalah banyak teman-teman desainer professional yang mampu membuat desain web yang ciamik namun kesulitan mengimplementasikannya ke dalam mesin WordPress. Saya mampu mengimplementasikan desain menjadi WordPress theme dengan baik. Problem solved, i got the money.

Ada begitu banyak masalah

Seriously. Ada begitu banyak masalah yang bahkan belum pernah kita dengar yang pada akhirnya menciptakan peluang usaha / profesi / penghasilan baru. Untuk anda yang tidak berkecimpung di dunia web, pernahkah anda mendengar profesi / pekerjaan bernama social media specialist? Bagaimana dengan affiliate marketer? Atau WordPress theme developer?

Thanks to internet. Selain membawa banyak solusi, ia juga membawa banyak masalah yang menunggu untuk dipecahkan tanpa mengenal batas geografis πŸ˜€

Masalah apa yang dapat anda pecahkan?

Para calon pengusaha dalam tahap perencanaan bisnisnya pasti berkata “Sebaiknya saya usaha dalam bidang apa ya?” atau “Apa yang sebaiknya saya jual?“. Jawaban dari pertanyaan ini bisa jadi berupa pertanyaan pula: apa yang menjadi masalah masyarakat atau target market anda? Masalah apa yang dapat anda pecahkan dengan baik?

Umumnya, kita menjadi pemecah masalah yang baik dari hal yang kita gemari. Seorang movie freak dapat merekomendasikan film yang baik karena dia memiliki passion di bidang film. Well, saya rasa itulah mengapa kita perlu mengetahui apa passion kita dan memilih karir berdasarkan passion: untuk menjadi pemecah masalah yang baik.

Now let me know what’s on your mind: Beri saya pendapat anda di kolom komentar πŸ™‚