Secara akta kelahiran, hari kemarin saya ulang tahun. Bagi saya pribadi hari ulang tahun bukan hari untuk bersuka cita merayakan bertambahnya umur seperti kebanyakan orang. Saya memandang ulang tahun dengan cara yang berbeda. Saya menganggap, ketika saya berulang tahun, umur saya berkurang. berkurang lagi. berkurang satu tahun lagi. selalu seperti itu. Ulang tahun selalu membawa saya untuk melihat hal – hal yang sudah saya lakukan dalam hidup saya.

Sudah beberapa hari ini saya membongkar file – file lama saya. Tulisan, Foto, karya grafis, semuanya. Dulu saya pernah memiliki cita – cita untuk memiliki biografi saya sendiri. Maka ada episode dalam hidup saya dimana saya menuliskan apa yang saya alami dan rasakan selama periode itu. Hmm… saya rasa, inilah salah satu faktor saya ngeblog y. πŸ˜€ saya baca kembali tulisan itu. Saya tertawa. terbahak – bahak malah. bisa – bisanya saya melakukan hal – hal aneh seperti itu. lalu saya melihat foto – foto saya, memandanginya satu persatu. diluar semua memori yang tiba – tiba keluar, meloncat – loncat dari pikiran saya, ada satu kesimpulan yang menampar saya :

Ya Tuhan, betapa tidak terasanya.

5 tahun lalu, ketika itu sering sekali saya dan teman – teman merutuki keadaan. Mengeluhkan keadaan dan berkata “andaikan ini sudah berakhir, saya akan melakukan bla bla bla…” dan sekarang, bumm. 5 tahun sudah betapa tidak terasanya. saya merenungi apa yang sudah saya lakukan selama 5 tahun ini. Hal – hal apa yang sudah saya raih, dan berada dimana saya sekarang.

Satu hal kembali muncul di pikiran saya : 5 tahun dari sekarang, apa yang akan saya ingat tentang hari ini? Pencapaian apa yang akan saya raih?

Hal ini kembali membawa saya dalam posisi merenung.