Tampilan baru facebook

Bagi anda para pengguna facebook, ada kabar yang bisa jadi baik, dan bisa jadi buruk buat anda. saya baca dari udaramaya, facebook akhirnya akan merilis tampilan barunya dalam beberapa hari kedepan. Jika anda sudah tidak sabar ingin mencicipi tampilan baru facebook, silahkan langsung bertandang ke http://new.facebook.com .perlu di perhatikan, anda login dulu baru masuk ke halaman new.facebook, kalau anda angsung mengakses new.facebook, anda akan di redirect ke halaman login dan tidak akan langsung di redirect ke interface baru facebook.

Opini saya tentang tampilan baru facebook ini :

lebih luas. lebar disetting untuk browser beresolsi 1024 piksel. lebih lega rasanya. melihat tampilan lama yang disetting untuk resolusi layar 800 piksel agak kurang nyaman dilihat, karena menyisakan ruang kosong di kiri kanan. Yah, isu resolusi monitor memang cukup mengganggu.

lebih bersih dengan halaman pengorganisasian applikasi. tampilan lama facebook membuat halaman profile user memanjang ke bawah. Apalagi untuk para penggila facebook apps. Tampilan profile nya pasti akan sangat panjaaang ke bawah.

tapi kenapa ya, perasaan “terlalu ramai” selalu saya rasakan di facebook? dengan kemampuan sebegitu banyaknya, saya rasa wajar sih. :)

well, bagaimana menurut anda?

23 thoughts on “Tampilan baru facebook

  1. Menurut saya dari sisi visual look design Facebook yang baru memang terlihat lebih clean dan lega. Tapi kok Facebook malah menghilangkan experience apa yang membesarkan mereka ya (at least di beberapa negara).
    Salah satu yang membedakan Facebook dan Friendster (di awal-awal) adalah aplikasi nya. At least dari experience & pengamatan saya apa yang membuat orang menggilai Facebook adalah aplikasi nya.
    Di New Facebook aplikasi tetap ada tapi bukan langsung di profile. Yang ada di profile hanya aplikasi di sebelah kiri yang belum ketahuan gimana cara nya memasangkan disitu.
    Dari sisi internet marketing, jadi kehilangan tempat untuk mempromosikan sesuatu. Contoh: ada aplikasi Starbucks, disitu cuman ada 1 gelas minuman favorit saya dengan logo Starbucks di gelas nya. Aplikasi itu di profile sudah jadi iklan banget.
    Atau misalnya kita bikin Web Badge (misal yang saya bikin buat C3) ini jadinya tersembunyi didalam Tab Boxes.
    Saya masih pelajari lebih dalam sih mengenai layout FB yang baru ini.
    Tapi itu dari sisi markting media memang.

    Tapi ya dari sisi design nggak ada yang istimewa kecuali lega nya. Saya juga tadi pagi baca di beberapa ulasan, banyak yang bilang kalau (lagi-lagi) Facebook mengikuti Multiply. Layout yang baru memang mirip sih.

  2. @ Rama – Think.web

    wah, iya, juga y. setelah dilihat2 jadi mirip konsep personal web page nya multiply. :D

    hmm… fungsi branding di facebook via aplikasinya jadi berkurang dengan new looks nya y. wah, kabar buruk untuk corporate yang melakukan branding via facebook app nih.

    hmmm… mungkin icon – icon aplikasinya harus tetap ditampilkan di halaman utama profile y.

  3. aq kurang nyaman dg tampilan fb yang baru ini. dan anehnya aq ga bisa live comment.ada yang tau ga solusinya. saat aq klik di status tmn aq kolom write commentnya memang muncul tp ga sempurna. jd hanya kolomnya za yang muncul tp fasilitas untuk klik “comment” nya ga da.

  4. Ternyata pak fikri juga baca NEW MOON ya…Dari buku 1 -4,saya lebih suka buku 1 dan 4..
    Matuuuuurnuwunnnnn….blognya membantu saya banget…

    1. @Rhie

      Hihi, itu yang mereview teman saya kok. Coba dibaca lengkap reviewnya deh :)

      Senang bisa membantu Rhie dengan blog ini :)

  5. jujur,saya kurang nyaman dengan tampilan facebook baru..karena unt new status aja,share nya susah minta ampun…mo edit segalanya jg ga cepet,malah lemot…

  6. tampilan baru facebook bikin gak nyaman, comment gak live. banyak ketinggalan berita dari teman2.. pokoknya kalau tidak segera di return seperti semula, facebook bisa ditinggal konsumen.

  7. ass..
    bang fikri mau tanya nih?
    masa tampilan facebook saya kok kecil banget bila menggunakan mozilla firefox(tapi yang lainnya tidak)..
    dan bila menggunakan internet explorer tampilan facebook saya biasa..
    itu kenapa bang?
    and solusinya apa?

    1. wah, kondisinya relatif dan berbeda sekali tergantung kondisi pengaturannya. Yang pasti saya tidak merekomendasikan penggunaan browser Internet Explorer.

  8. bang fikri sma nieh kasusunya!knp cm tampilan fb di komp sy koq kecil,pdhl tampilan yg lainnya biasa za?
    minta solusinya y?thx..

Share Your Thought