Aplikasi – Aplikasi Gratis Yang Sangat Membantu Saya

Image is courtesy of freedombytes.

Harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas, terutama di dunia software dan web. Paradigma freemium (free untuk pengguna biasa, charge untuk pengguna kelas berat) dan free software membaut banyak pihak merilis software-software keren dengan harga Rp 0 alias gratis. Amazing, isn’t it?

Berikut ini adalah daftar aplikasi-aplikasi yang saya sering gunakan lengkap dengan deskripsi singkat dan mengapa saya menggunakannya. Logikanya sederhana, jika berguna untuk saya, ada kemungkinan beberapa dari anda memiliki masalah yang sama dengan saya dan akan membutuhkannya juga :)

Untuk kehidupan sehari-hari

Keepass

A super life saver, thanks for @japestinho for showing me this. Saya punya akun di sangat banyak social network. twitter, foursquare, tumblr, slideshare, scribd, koprol, blablabla, you name it. Belum lagi akses FTP, blog, dan lain-lain. Menghafal kesemua username dan passwordnya adalah hal yang mustahil. Menyamakan kesemua username dan password adalah hal yang tidak aman. Untung ada Keepass, sekarang saya tidak usah pusing kalau sign up di layanan web terbaru karena tinggal menghafal master username & password lalu dikelola di KeePass. Download KeePass disini.

iTunes

C’mon, (setahu saya) memangnya ada software lain yang lebih baik dalam mengelola musik di desktop dalam jumlah besar daripada iTunes?

Anyway, ini kalau di Windows ya, kalau di Ubuntu saya menggunakan Rhytmbox yang sudah built in dengan ubuntu. Kurang lebih sama useful & powerfulnya dengan iTunes lah :)

Download iTunes disini.

GomPlayer

Kalau urusan memainkan multimedia yang tidak diorganisir, saya percayakan menggunakan GomPlayer. Simpel dan ringan!

Download GomPlayer disini.

Adobe AIR

Sederhananya, Adobe air adalah platform yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi web yang berjalan diluar browser dan kompatibel di berbagai sistem operasi (Win, Linux, dan Mac). Terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat berjalan diatas Adobe AIR, salah satunya adalah…

Download Adobe AIR disini.

Tweetdeck!

Yap, untuk desktop twitter & facebook client saya mempercayakannya pada Tweetdeck. Cukup cepat & responsif, meskipun popup notifikasinya itu sangat-sangat menghambat produktifitas :p

Download Tweetdeck disini.

Picasa

Lupakan mengorganisasikan foto melalui Windows Explorer, it’s lame. Pengguna Mac dapat berbahagia karena ada iPhoto, tapi untuk anda pengguna Windows, saya merekomendasikan Picasa untuk desktop besutan Google ini. Dengan picasa, anda bisa mengorganisasikan foto-foto anda tanpa harus menggandakannya (Picasa tidak akan mengcopy foto-foto anda baru dikelola), anda bisa mentag foto anda dan menandai siapa saja yang ada dalam foto tersebut (seperti yang biasa dilakukan di facebook), memberi GeoTag via Google Earth, mensinkronisasikannya dengan kontak dan Picasa Web.

Download Picasa disini.

Dropbox

Dropbox akan sangat berguna untuk anda yang sering mentransfer file melalui web dan memiliki lebih dari satu komputer untuk bekerja. Sign up dropbox (free untuk storage 1 GB), download dan install di berbagai komputer anda. Konfigurasikan foldernya. Setiap anda menaruh file di folder dropbox komputer A, folder tsb akan langsung disinkronisasikan ke komputer lain yang diinstal dropbox dengan akun anda.

Download DropBox disini.

Untuk Pekerjaan (Web Development)

Notepad ++

Text editor sederhana yang saya gunakan untuk mengedit html, css, php dan JavaScript :)

Download NotePad ++ disini.

XAMPP

Paket server super simple untuk Apache HTTP server, MySQL, dan interpreter untuk bahasa pemrograman PHP dan PERL. Saya menggunakan XAMPP untuk menjalankan localserver dan mengeksekusi PHP dan menjalankan WordPress di netbook saya :)

Download XAMPP disini.

FileZilla

Software FTP client untuk mentransfer file dari desktop ke server. Simple, free dan opensource. Butuh apa lagi? ;)

Download FileZilla disini.

Pixus

Aplikasi berbasis Adobe AIR untuk mengukur elemen desain dalam satuan pixel.

Download Pixus disini.

IETester

Software untuk menguji tampilan website dalam peramban (browser) Internet Explorer 5.5 sampai 8. You know, IE sangat buggy untuk ukuran teknologi web terkini. Payahnya, (dan saya tidak habis pikir) browser payah ini sangat populer. Itulah mengapa perlu dilakukan pengecekan tersendiri kepada tampilan browser ini.

Anyway, untuk anda yang masih menggunakan Internet Explorer, beralihlah ke browser lain.

Download IETester disini.

Google Docs

Google Docs adalah aplikasi berbasis web (yang artinya dapat anda akses melalui peramban/browser) untuk mengolah dokumen / spreadsheet. Yang powerful dari Google Docs adalah file-nya tersimpan di server Google dan dapat dikerjakan secara kolaborasi. Jadi anda dapat mengedit / mengolah satu file secara bersamaan bersama beberapa rekan sekaligus :D

Tidak ada yang perlu di download untuk menggunakan Google Docs. Arahkan saja browser ke sini.

Gmail

Yap, untuk email, saya menggunakan gmail alih-alih Yahoo! mail. Percayalah, gmail jauh lebih intuitif, keren dan usable. Terlebih lagi, akun gmail = google account yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai macam layanan yang disediakan Google. Superb!

Sekarang, apa pendapat anda? Adakah software yang hendak anda rekomendasikan? Atau ada beberapa dari software diatas yang telah anda gunakan? ;)

4 thoughts on “Aplikasi – Aplikasi Gratis Yang Sangat Membantu Saya

  1. kalo untuk web development saya lebih asoy pakai Geany :D soalnya ringan banget di ubuntu :D

    four years and four months ago May 22, 2010
    • beuh, saya baru tahu itu ada geany. Thanks for share :D

      Sekarang2 saya malah pake Gedit sekalian. hihi :p

      four years and four months ago May 27, 2010
  2. haduh mas…. kok aga lemot nih jadinya net sy..

    four years and less then a month ago September 22, 2010
    • Haduh mas.. Kok komplain ke sy? LOL

      four years and less then a month ago September 24, 2010

Comment is closed.

Contact us if you have something important to say about this topic.