Apa Arti Kehidupan Sebenarnya? Hidup Adalah Permainan. Jadilah Pemain Kehidupan.

Life is a Game by Monteakm2008 (Busy)
Life is a Game by Monteakm2008 (Busy)

Coba tanya diri anda masing – masing. Apa arti hidup menurut anda?

Hidup adalah …. .

Coba isi titik – titik yang tersedia setelah kata adalah. Pertanyaan ini sederhana, namun saya yakin isinya pasti beragam. Bisa jadi hidup adalah perjuangan, atau hidup adalah tantangan, atau hidup adalah perjalanan, dll.

Jawaban dari pertanyaan tadi bisa jadi beragam, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan : Jawaban dari pertanyaan tersebut mencerminkan keyakinan anda atas kehidupan. Orang yang meyakini bahwa hidup adalah perjuangan akan melihat bahwa hidup adalah sebuah perjuangan yang harus di perjuangkan. Maka dari itu, hari hari dalam hidupnya akan dijalani dengan berjuang. Sedangkan orang yang meyakini bahwa hidup adalah tantangan, akan melihat bahwa hidup yang dijalaninya adalah tantangan yang harus di pecahkan. Dia akan menjalani kehidupannya dengan “memecahkan tantangan”. Orang yang meyakini bahwa hidup adalah perjalanan akan melihat bahwa hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang harus dicapai tujuannya. Maka dari itu dia akan menjalani kehidupannya dengan “berjalan” diatasnya.

Cara kita meyakini kehidupan akan berimbas ke pola pikir kita. Pola pikir akan mempengaruhi tindakan, dan tindakan akan menghasilkan nasib.

Sekarang, bagaimana kita sebagai orang beriman seharusnya memandang kehidupan?

Terjemahan Q.S. Al – Hadid ( 57 ) Ayat 20 :

Ketahuilah, sesungguhanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam – tanamannya mengagumkan para petani; kemudian ( tanaman ) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

Note that : hidup adalah permainan. Waw, apakah ini berarti yang kita lakukan selagi hidup ini adalah bermain dan bersenang – senang?

Pahami konteks keseluruhan tersebut. Pemahaman yang coba di ajarkan Tuhan melalui (terjemahan) wahyu ini adalah bahwa hidup adalah sebuah permainan yang jangka waktunya pendek, maka dari itu kita harus menjadi pemain dari “permainan kehidupan”, bukannya main – main dalam kehidupan.

Maksudnya?

Pemain adalah mereka yang memainkan permainan dengan serius. Cermati contoh ini : pemain sepak bola. artinya? Mereka yang bermain sepak bola yang serius mengikuti permainan sepak bola dan mematuhi peraturan – peraturannya.

Sekarang perhatikan mereka yang menjadikan dirinya “pemain” sepak bola yang sungguh – sungguh : contoh, Kaka. Apa yang Tuhan berikan kepada Kaka yang menjadikan dirinya “pemain” sepak bola? kehidupan yang luar biasa, penghasilan yang melimpah, popularitas, jutaan penggemar, dll.

Itu baru menjadikan diri sebagai “pemain” sepak bola yang notabene dibatasi oleh 45menit X 2 dalam lapangan rumput persegi dan bola bundar.

Bisa bayangkan apa yang akan Tuhan berikan jika anda menjadi “pemain” dari permainan besar kehidupan? Menjadikan diri anda seorang manusia profesional yang mengikuti peraturan dunia dan “bermain” / menjalani kehidupan dengan serius?

Imagine that.

Tanya kembali diri anda : Apa arti kehidupan bagi anda?

P.S.

  1. Sebelum ada yang bertanya apa itu peraturan kehidupan? jawabannya adalah peraturan ( dan petunjuk ) yang di sampaikan oleh Nabi yang menjadi panutan anda. Apa lagi memangnya?
  2. Materi ini saya dapat dari forum liqo yang saya ikuti tadi malam. Liqo secara bahasa bermakna lingkaran, sedangan liqo secara istilah yang saya maksud disini adalah sekumpulan orang yang duduk membentuk lingkaran kecil ( antara 5 – 10 orang ), dimana dalam forum tersebut ada seorang yang berperan menjadi mentor dan sisanya menjadi murid. Yang dibahas dalam forum liqo adalah berbagai hal yang benang merahnya adalah peran kita di dunia sebagai seorang beriman yang perannya adalah menjadi rahmat bagi seluruh alam.
  3. Saya setuju dengan Bapak Ary Ginanjar : Jika ada ayat dari Al – Qur’an yang saya kutip, bukan bermakna tulisan ini ditujukan untuk penganut agama islam saja. Bukan dunia untuk islam, melainkan islam UNTUK dunia.

128 thoughts on “Apa Arti Kehidupan Sebenarnya? Hidup Adalah Permainan. Jadilah Pemain Kehidupan.

  1. @Saeful Rahmat
    Permainan itu bernama ibadah :)

    @Lylla
    saya rasa definisi itu masih bias y :)

  2. hidup adalah suatu kebimbangan karena dalam kehidupan kita selalu di hadapkan pada suatu pilihan.

  3. hidup,khehhhhhhhh ngomongin tntng hdp rasax bosen,coz hdp q gk kn sama dg kalian,kalian,yg mengatakan hdp adlah anugrah,permainan,apalah
    tp hanya ada 1 artian dr q yaitu
    hdp adalah mencari ridho tuhan nya masing2,, just for ridho

  4. hidup adalah anugrah yang di berikan sang maha kuasa kepada umat’a.kita sebagai umat manusia hanya bisa menerima dan menjalankan’a karna dia udah punya mksud yang tertentu.ibarat permainan kita di kasih bola dan membawa’a bat masukin k gol

  5. menurut saya hidup itu adalah bagaimana cara kita untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik di dunia dan akhir tujuan kita untuk menuju ke alam kehidupan kita sebenarnya yaitu akhirat…. jadi hiduplah kalian demi uintuk mencapai tujuan kita.

  6. Arti hidup adalah hidup dengan penuh syukur atas segala rahmat Tuhan, sukses yang sejati adalah menikmati & bersyukur atas setiap detik kehidupan Anda, pada saat Anda gembira, Anda gembira sepenuhnya, sedangkan pada saat Anda sedih, Anda sedih sepenuhnya, setelah itu Anda sudah harus bersiap lagi menghadapi episode baru lagi.

    Arti hidup adalah hidup benar di jalan Allah, hidup baik, tidak menipu, apalagi scam, saleh & selalu rendah hati.

    Arti hidup itu tidak lagi menginginkan kekayaan ketimbang kemiskinan, tidak lagi menginginkan kesembuhan ketimbang sakit, sukses sejati adalah bisa menerima sepenuhnya kelebihan,keadaan, dan kekurangan Anda apa adanya dengan penuh syukur.

  7. kalau menurut saya,, hidup adalah sebuah cerita …..
    jadi kita yang menjadi tokoh utama di cerita hidup ini ……
    bahkan kita pun nggak tahu apa yang terjadi pada hari esok !!!!

    jadi ,, itulah arti hidup yang bagi saya …..
    nggak tahu benar atau tidak !!! tapi itu lah saya saya pikirkan kalua saya di tanya apa itu arti hidup !!!!

    by : andi ….

  8. Mati artinya tidak bergerak dan HIDUP itu artinya bergerak kawan…sesuai sifat 7 yang di anugrahkan Tuhan kepada manusia diantaraya adalah HAYAT artinya HIDUP.Nach..dimana ada mesin manusia itulah sumber dari sumber kehidupan…jadi kalau mau tahu arti hidup sebenarnya pahami..sifat -sifat yang di anugrahkan pada Tuhan kepada kita..apa itu ?..rahasia..jadi bukan hanya sekedar fikiran saja yang bisa mengartikan arti hidup….karena 4 anugrah dasar manusia yang di berikan kepada kita ,semuanya harus selaras dalam menerjemahkan…1.kesadaran diri 2 imajinasi 3 kehendak bebas 4 hati nurani..jika kita tak pernah kenal akan diri sendiri maka samapai ajal tiba saya berani taruhaN..TAK MUNGKLIN BIUSA mengartikan arti sesungguhnya hidup itu….dalam..dan sangat dalam…thaks sebagai pencerahan untuk lebih tertantang dalam mencari apa sebenarnya hidup itu,siapa hidup itu dan …….Tuhan tidak dialah yang Hidup dan berdiri dengan sendirinya……hmmmmm

  9. Dalam hidup itu kita jalani z karena tujuan hidup di dunia itu adalh untuk mencari bekal di kehidupan akhirat nanti……..untuk itu manfa’atkan hidup kita dengan sebaik2 nya berfikirnya ” Nanti gimana” ? Bukan gimana Nanti?

    1. kehdpn tak lain ibrt sprti jmbatan,
      klo kta bsa mnusuri-y dgn hti2 dan mnruti apa yg diajrkan rosullulloh mka kta kan slmt.
      tp tak semudah apa yg dibygkan,jln pnh dgn tntgan dan hmbtn.
      yaitu ksenangn yg mnipu.

  10. Arti hidup menurut saya:hidup adalah jalan,mengapa begitu karena kita tidak tau apa yg akan terja dihari esok, jd ya kita jalani aja,yg penting kita persiapkan yg terbaik detik ini unt detik berikutnya,hari ini unt hari esok

    1. iya itu mang betul…
      tapi yang harus qta ingat yaitu…
      1. ibadah
      2. iklas
      3. kita harus ingat bahwa ada kehidupan yang lebih kekal

  11. pendapat saya arti kehidupan adalah tantangan yang harus kita hadapi,yang menjadi sebuah cerita yang akan menjadi inspirasi untuk kehidupan yang akan datang.sebenarnya hidup itu indah jika kita menikmati dan memaknainya dengan sebenar-benarnya tanpa merusak moral bangsa dan diri sendiri

  12. arti kehidupan adalan agar kita mersakan kehidupan di dunia ,pahit ,manis and susah nya menjalani na,tak semua orang hidup di dunia ne merasa kan kesengana pasti ada pahit na juga………….betul nggak…….?
    betul………..betul……..betul

  13. hidup adalah penuh perjuangan dan itu di buktikan dengan ke ikhlasan hati,karena hati adalah otak dari diri qta untuk menghadapi kehidupan ini dan memilah hal hal dalam kehidupan

  14. buat aku hidup itu perjuangan !!!
    dimana aku harus selalu mengalah untuk hidup ini,dan aku rasa hidup aku tu berat n berliku. aku yang selalu harus merasakan rasa sakit n kekecewaan dalam keluarga .
    hidup itu sulit sekali wad aku pikul,,,
    huft, kapan aku akan dapat arti kehidupan yang sebenarnya dalam hidupku ini !!!

  15. hidup adalah perjuangan… jika dia mempunyai tekad yang kuat untuk memerangi kenyataan hidup… dia akan menjadi orang yang benar2 hidup…
    hidup adalah perjuangan, jadi jangan nyerah dulu sebelum berjuang !!!!

  16. Kalau mnrt saya Hidup itu Suatu WADAH untuk semua Rasa,Warna,dan Bentuk.
    Dimana semua makhluk yang Hidup ingin merasakan sesuatu yang sepesial dan Menaruhnya kedalam Wadah(HIDUP) mereka yang telah hidup dan Masing2 memiliki cara dan pandangan yang berbeda, Dimana cara2 itu di bawa sejak lahir yang di berikan orang tuanya maupun ketika dia sudah dewasa,lalu memilihnya Sendiri.

  17. KEHIDUPAN-KEMATIAN-KELAHIRAN,
    Emang luar biasa dampaknya bagi manusia yang ada di zaman KEMARIN-SEKARANG-NANTI.
    Emang layak buat di Omongin,..

  18. Hidup???
    kenapa kita hidup???
    Dari mana kita berasal, untuk apa hidup dan bagaimana kita harus menjalani hidup, serta kemana setelah mati?

  19. hiduP iTu,,proses mnjalani sgala sesuatu dgn keikhlasan,,ksyukuran,dn intiny ibadah dgn mlihat keatas,dgn mlihat dunia kbwah,,,dn tkdkn pd dr kt bhwa hdup di dunia tdk lain hanya untuk mencari ridha Allah,.krn kt hdup,,sbnrnya proses prjalanan mnuju kematian,,

  20. menurut saya arti hidup itu adalah bagaimana agar kita selalu memberikan yang terbaik bagi diri kita dan tidak mengecewakan orang lain, lagi pula hidup itu kan sudah ada yang mengatur,yaitu Allah yang telah menciptakan semuanya.maka dari itu kita hanya dapat menjalani apa yang menurut kita baik bagi diri kita sendiri dan tidak merugikan orang lain…..

  21. Kehidupan berasal dari kata hidup.
    hakekatnya hidup mutlak milik Allah swt. sedangkan kehidupan di dunia ini adalah sebuah ciptaan Allah untuk semua makluk ciptaannya yang diakhiri dengan sebuah kematian.
    Kehidupan semua makluk didunia ini dicipta untuk penyaksian adanya yang maha hidup dan yang tak pernah mati yaitu ALLAH SWT.

  22. Hidup itu kita lakukan karena TERPAKSA???
    Klw tdk kita paksa maka kita akan hidup dengan kemalasan.
    Tergantung kita bagaimana menilai hidup itu seperti apa//

  23. Hidup adalah “Anugerah iLLahi”Rasa Yg kamu rasakan saat ini hanyalah kesenangan sesaat…syukurilah ap yg tlh tuhan berikan,jalanilah hidupmu dengan sabar..
    Hidup itu “Tak Dapat apa-apa”Bila hidup yg kita jalani salah langkah tetapi hasil dan harapan yg di impikannya berhasil maka tidaklah sempurna dan tidaklah halal bagi penerima sang kepuasan..
    Hidup itu “Kehilangan”Coba kamu pikirkan bila hidup ini tanpa ada yg mengatur maka hidup ini tak akan pernah damai dan indah…hidup yg kita inginkan seperti kebahagian,kesenangan terus kita tak pernah bersyukur apa yg tlh kita terima darinya..maka harta yg tidak seberapa di balasnya dengan suatu”Kehilangan” nyawa…
    Hidup itu “Kebesaranmu” Hidup ini hanya tuhan tau dmna kita berada,,sedang apa kita sekarang,,bagaimana memecahkan suatu persolan yg bagi kita sulit sedangkan baginya mudah…Hidup ini segalnya kebesaranmu…..

  24. hdup adalah disaat makhluk diciptakan untuk diberi kewajiban, di beri cobaan ,dan makhluk itu hrus menghadapinya dngan iman yang dia peroleh dan yang menurut hatinya benar. kewajiban itulah yg akan dipertaruhkan nantinya. dan perilaku yang menentukan nantinya di mana kita berada setelah kita mati nantinya.

  25. hidup itu tergantung kita yang jalanin,mau di bawa ke mana hidup kita ini,
    dan arti hidup sebenarnya adalah gua setuja hidup itu butuh perjuangan klo kita ga paerjuangin hidup kita ga bkln ada kehidupan di masa yang akan datang.

  26. segala sesuatunya sudah di atur dalam alkur’an,tentang bagaimna kita menjalani hidup ini.baik cara berbicara,bertingkah laku,dll..
    arti hidup di bumi adalah sesungguhnya hanya singgah sejenak untuk menggambil bekal buat dibawa di tujuan yang sebenarnya.bekal di bmi ada yang cepat basi dan ada yang awet selamanya,so tinggal pilih deh yang mau kita bawa yang mana…

  27. makna hidup itu sederhana sebenarnya…tergantung anda mau pilih arah yang mana, jika anda memilih hidup yg baik didunia dan diakhirat maka carilah jalan untuk menuju kesana, jika anda memeilih sebaliknya anda tidak perlu bersusah payah dan memperdulikan kehidupan anda sekarang dan yang akan datang, habis dan puaskan dengan apa yang anda miliki sekarang.

    “Karena dalam menjalani hidup ini Allah Swt, menjajikan barang siapa melakukan kebaikan walaupun sebesar biji sawi, maka akan dibalas perbuatan itu sebagaiman yg ia kerjakan, begitu pula sebaliknya…

    Wassalam

  28. menurut gw hidup adalah sebuah pilihan..?
    mencoba tuk tetap tegar lebih baik dari pada meratapi takdir..
    Tuhan tidak pernah salah atas hidup kita.,
    hanya saja Logika kita terbatas untuk mengerti tentang “KEHIDUPAN”

  29. arti hidup ya…memang hidup di dunia hanyalah untuk beribadah kepada Allah semata walau dalam keadaan apapun senang maupun sedih tetap harus istiqomah

    1. Aku setuju apa kata Gita kita harus tetap teguh kepada-NYa.Sepahit apapun keadaan kita mungkin itu adalah yang terbaik yang telah Dia gariskan untuk kita.Aku yakin Dia akan selalu ada untuk umat-NYa, kasih sayang-NYa tak kan terlukis meski tintanya selautan.

  30. HIDUP adalah srperti arena pertandingan,kadang kala/menang.tetapi saya sarankan supaya tetap menang.caranya:
    1.FOKUS pada tujuan
    2.MELATI diri supaya menang
    3.dan jgn lupa BERDOA

  31. Hidup adalah anugrah…
    Qt ruz snantiasa b’syukur…
    Qt d’bri k’hdupn dr yang Maha Kuasa,.
    Jd qt rus b’bakti kpd_y (yang Maha Kuasa)…

  32. hidupa adalah tempat kita untuk berladang, saat kita menanam keburukan maka di kehidupan nantipun kita akan memperoleh dari apa yang kita tanam. begitu juga saat kita menanam kebaikan.

  33. Hidup adalah sebuh episod yg harus kita jalani terkadang ada cerita suda & duka…. Kita hanya bisa berharap kepada Allah agar segala sesutu berjaln dg redho-Nya

  34. Hidup it btuh perjuangn..dn prjuangan jg untk hdup..dn brjuanglh lbih giat lg untk hdup yg lbih…dn hduplah km..seakan” km hdup slama”nya…

  35. hidup adalah berserah diri kepada pencipta kehidupan,karena semua langkah dalam perjalanan kehidupan akan di hitung apa yang telah kita lakuakan,dan akan mendapat balasannya….

  36. hidup itu memang ccah bgi org yg sperti dri qu,aq lhir dngan raga laki2 tpi batin,pqiran dan klakuan aq sperti prempuan,,,,aq bngung.sdangkan mamah qu ingin aq jd s’org prempuan tpi itu sdah jd khendak yg d atas,,,aq ingin mnjdi org yg mamah qu inginkan tpi bgaimna,,mgkin ni cbaan bwt aq,,aq hrap ada yg mngerti tentang prasaan qu,,mkzh

  37. hidup itu diibaratkan sprt sebuah dongeng,dmn segi estetikanya lbh diutamakan ketimbang panjang atau pendeknya alur cerita.

  38. hidup itu adalah mentalitas .
    seberapa kuat kita bertahan dalam susah dan seberapa kuat iman kita menahan godaan . :D

  39. hidup tu layaknya perlombaan,,,
    dmna ada yg kalah ‘n menang,,!!
    jk orang kalah NERAKA lah yg ia dapat
    seblknya Jk ia sukses SURGA lah balasannya..

  40. hidup adalah perjalanan yg singkat,maka oleh dari itu……gunakanlah atas kelahiran mu menjadi arti yg bermakna………..jgn jadi seseorang yg bodoh hanya karna kesenangan duniawi semata………….

  41. Hidup itu sperti roda brputar…
    kadang di aTas dan kdang Di bwaH..
    Kdang mNginjak jalan yg rusak dan kdang mNginjak jalan yg bagus.
    tp aPpun yg terjdi dng kta.. kta hrus hdapi dng sNeng.. dan aNggap smua it adlah ksMpurNaan dlm hidup kta

  42. hidup di alam dunia ini hanya sekedar transit (gak panjang lho), maka yo kita siapkan bekal (kebajikan,kebaikan… cs) yg buanyakkk biar kita nggak sengsara di alam kekal abadi nanti….

  43. Hidup…..
    Hidup adalah sesuatu anugrah yg harus kita syukuri.
    Tp kadang pula Pola pemikiran manusia yg slalu tak menghargai apa itu hidup.Hidup adalah sebuah permainan duniawi Yg harus kita syukuri……..
    Pandang masa depan BAgi kau yg TErpuruk……….
    Rubahlah hiDUpmu menjadi lebih baik……..
    Supaya menjadi manusia yg Berguna bagi bangsa dan negara……
    LIFE IS A GAME………………

  44. hidup adalah kisah dmna catatan kita yg akan d prtnggung jawabkan d hari akhir…..
    begitu berat kadang begitu bnyk tanda tanya yg muncul….
    nmun di antara dua tembok baik dan buruk, pastilah kita akan mmlih di antaranya…

    hidup ku belum sempurna karna kisah hidup ku belum dapat menembuh tembok kebaikan….

    wahai sang pencipta ampunilah dosa hamba mu.

  45. Bersihkan hati, bersihkan pikiran, gunakan akal dalam berbuat. Itulah hidup yang sebernarnya. Nikmati, Rasakan, berbuatlah dalam kehidupan ini setelah itu Syukuri apa yang telah kau dapat. Nikmat Allah tiada batas bagi orang-orang yang bersyukur.

  46. bagi aku hidup adalah pengalaman yang sangat berarti,segala sesuatu allah yang memutuskan di setiap berjalannya waktu.

    manusia hanya bisa berusaha dan menyusun rencana.

    . dosa
    . pahala
    . maksiat
    . amal
    senangtiasa kita lakukan dengan sadar dan ketidak sadaran ( kelalaian )

  47. hidup itu adalah sesuatu yang menyenangkan,,,
    aq senang bisa melewatinya dengan prasaan yg menyenangkan dan penuh semangat…
    aq senang bisa hadir d sini…
    dan mengalami banyak hal yang menyenangkan d dalam kehidupanq.. ^_^

  48. Hidup adalh misteri..yg tidak akn pernah tau apa apa yg akn t’jd dengan qt d hari esok n hr yg akn datang..
    ikuti saja kmna arahnya,,ibart roda yg berputr n air yg mengalir..

  49. HIDUP ADALAH PEMBUKTIAN DENGAN ;
    AP YG ENGKAU LIHAT…..
    AP YG ENGKAU DENGAR….
    AP YG ENGKAU SENTUH….
    AP YG ENGKAU UCAP……
    AP YG ENGKAU RASA……

  50. Hidup adalah Pengabdian, manusia dijadikan sebagai khalifah di muka bumi ini. dan akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah tentang kepemimipinannya nanti.

    1. Sekalian saja: jika saya terlahir di keluarga berbeda, apakah saya akan beribadah? Jika saya lahir di negara berbeda, apakah saya akan beragama A? Jika jika jika tidak ada akhirnya. Kenapa tidak hadapi yang ada sekarang saja?

  51. Hidup ini bagiku adlah tantangan.,..,.,
    Jika kita mnyerah.,., kita akan kalah.,.,..
    Jika kita mlAWAN tantangan itu.,.. niscaya kbahagiaan kan dtg.,.,.mnghampirimu.,.,.,.
    Khidupan jga sbuah pngalaman.,.,. nano nano.,., rame rasanya.,.,.
    Jdi jgn brsdih mnjalani khidupan..,.,. hadapi dgn snyuman.,..,.,

  52. hidup Ntah ap arti yg sbNr y krN sMw yha gk ad yg tw N sMw nie mNjd teka-teki drie kehidupan qTa sbg manusia biasa jgn kau hancurkan kehidupan yg hNy sementara d dunia nie ,

  53. dimanaya tempat untuk belajar dan menggali arti kehidupan dan mencari jawaban untuk apa aq hidup’apa yg harus aq lakukan untuk hidup dan untuk apa semua ini terjadi…

  54. kebimbangan yang masih aku pikir kan di dunia ini ‘
    apa kah ini jalan hidup yang terbaik
    bagi saya hidup apa lah seperti permainan kepuasan dunia sementara …???

  55. hidup itu memang hanya sementara didunia… tetapi kita harus menjalankanya karna kita telah hidup… kecuali kita mati… jadi kita harus pandai2 menjalankannya.

    1. SAYA SETUJU DENGAN APA YNG DI KATAKAN TRISADEWI JD KLU KITA MEMANG INGIN MENCAPAI KEBAHAGIAAN YNG SEMPURNA.KITA HRS KORBANKAN APAPUN DEMI MENCAPAI PINTU SURGA..

  56. aku bingung menjalani hidup tidak tau harus melangkah ke arah mana….dan bagiku arti hidup yaituh tindakan ku sendiri menjalani hidup atau hidup adalah tindakan”

  57. sebuah khidupan yang ckup keras ..
    pnuh dngan hrapan dan tujuan ..
    hidup adalh sebuah perjalan yang harus kita tentukan kmna qta berjalan ..

  58. hidup ini penuh dengan tantangan maka apa yang dijelaskan di atas bermakna buat saya sehingga seya mengucapkan terima kasih atas masukan buat yang kita belum memahami arti hidup, sekali lagi makasiah

  59. hidup adalah sebuah perjuangan dan perjuangan itu pulah suatu saat akan berakhir tampa kita sadari, maka perjuangkanlah apa yang kita inginkan sampai mendapatinya.

  60. kamu slah hidup bukanlah sebuah permainan namun hidup itu adlah sebuah anugrah yang tidak ada harganay….maka hargailah hidupmu…

Comments are closed.