Apa Arti Kehidupan Sebenarnya? Hidup Adalah Permainan. Jadilah Pemain Kehidupan.

Life is a Game by Monteakm2008 (Busy)

Life is a Game by Monteakm2008 (Busy)

Coba tanya diri anda masing – masing. Apa arti hidup menurut anda?

Hidup adalah …. .

Coba isi titik – titik yang tersedia setelah kata adalah. Pertanyaan ini sederhana, namun saya yakin isinya pasti beragam. Bisa jadi hidup adalah perjuangan, atau hidup adalah tantangan, atau hidup adalah perjalanan, dll.

Jawaban dari pertanyaan tadi bisa jadi beragam, namun ada satu hal yang perlu diperhatikan : Jawaban dari pertanyaan tersebut mencerminkan keyakinan anda atas kehidupan. Orang yang meyakini bahwa hidup adalah perjuangan akan melihat bahwa hidup adalah sebuah perjuangan yang harus di perjuangkan. Maka dari itu, hari hari dalam hidupnya akan dijalani dengan berjuang. Sedangkan orang yang meyakini bahwa hidup adalah tantangan, akan melihat bahwa hidup yang dijalaninya adalah tantangan yang harus di pecahkan. Dia akan menjalani kehidupannya dengan “memecahkan tantangan”. Orang yang meyakini bahwa hidup adalah perjalanan akan melihat bahwa hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang harus dicapai tujuannya. Maka dari itu dia akan menjalani kehidupannya dengan “berjalan” diatasnya.

Cara kita meyakini kehidupan akan berimbas ke pola pikir kita. Pola pikir akan mempengaruhi tindakan, dan tindakan akan menghasilkan nasib.

Sekarang, bagaimana kita sebagai orang beriman seharusnya memandang kehidupan?

Terjemahan Q.S. Al – Hadid ( 57 ) Ayat 20 :

Ketahuilah, sesungguhanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam – tanamannya mengagumkan para petani; kemudian ( tanaman ) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

Note that : hidup adalah permainan. Waw, apakah ini berarti yang kita lakukan selagi hidup ini adalah bermain dan bersenang – senang?

Pahami konteks keseluruhan tersebut. Pemahaman yang coba di ajarkan Tuhan melalui (terjemahan) wahyu ini adalah bahwa hidup adalah sebuah permainan yang jangka waktunya pendek, maka dari itu kita harus menjadi pemain dari “permainan kehidupan”, bukannya main – main dalam kehidupan.

Maksudnya?

Pemain adalah mereka yang memainkan permainan dengan serius. Cermati contoh ini : pemain sepak bola. artinya? Mereka yang bermain sepak bola yang serius mengikuti permainan sepak bola dan mematuhi peraturan – peraturannya.

Sekarang perhatikan mereka yang menjadikan dirinya “pemain” sepak bola yang sungguh – sungguh : contoh, Kaka. Apa yang Tuhan berikan kepada Kaka yang menjadikan dirinya “pemain” sepak bola? kehidupan yang luar biasa, penghasilan yang melimpah, popularitas, jutaan penggemar, dll.

Itu baru menjadikan diri sebagai “pemain” sepak bola yang notabene dibatasi oleh 45menit X 2 dalam lapangan rumput persegi dan bola bundar.

Bisa bayangkan apa yang akan Tuhan berikan jika anda menjadi “pemain” dari permainan besar kehidupan? Menjadikan diri anda seorang manusia profesional yang mengikuti peraturan dunia dan “bermain” / menjalani kehidupan dengan serius?

Imagine that.

Tanya kembali diri anda : Apa arti kehidupan bagi anda?

P.S.

  1. Sebelum ada yang bertanya apa itu peraturan kehidupan? jawabannya adalah peraturan ( dan petunjuk ) yang di sampaikan oleh Nabi yang menjadi panutan anda. Apa lagi memangnya?
  2. Materi ini saya dapat dari forum liqo yang saya ikuti tadi malam. Liqo secara bahasa bermakna lingkaran, sedangan liqo secara istilah yang saya maksud disini adalah sekumpulan orang yang duduk membentuk lingkaran kecil ( antara 5 – 10 orang ), dimana dalam forum tersebut ada seorang yang berperan menjadi mentor dan sisanya menjadi murid. Yang dibahas dalam forum liqo adalah berbagai hal yang benang merahnya adalah peran kita di dunia sebagai seorang beriman yang perannya adalah menjadi rahmat bagi seluruh alam.
  3. Saya setuju dengan Bapak Ary Ginanjar : Jika ada ayat dari Al – Qur’an yang saya kutip, bukan bermakna tulisan ini ditujukan untuk penganut agama islam saja. Bukan dunia untuk islam, melainkan islam UNTUK dunia.

128 thoughts on “Apa Arti Kehidupan Sebenarnya? Hidup Adalah Permainan. Jadilah Pemain Kehidupan.

  1. hidup suatu perjuangan yg dimna perjuangn akan ber akhir sampai pintu serga?

    four years and two months ago July 11, 2010
  2. dimanaya tempat untuk belajar dan menggali arti kehidupan dan mencari jawaban untuk apa aq hidup’apa yg harus aq lakukan untuk hidup dan untuk apa semua ini terjadi…

    four years and two months ago July 14, 2010
  3. kebimbangan yang masih aku pikir kan di dunia ini ‘
    apa kah ini jalan hidup yang terbaik
    bagi saya hidup apa lah seperti permainan kepuasan dunia sementara …???

    four years and two months ago July 16, 2010
  4. hidup itu memang hanya sementara didunia… tetapi kita harus menjalankanya karna kita telah hidup… kecuali kita mati… jadi kita harus pandai2 menjalankannya.

    four years and a month ago July 21, 2010
    • SAYA SETUJU DENGAN APA YNG DI KATAKAN TRISADEWI JD KLU KITA MEMANG INGIN MENCAPAI KEBAHAGIAAN YNG SEMPURNA.KITA HRS KORBANKAN APAPUN DEMI MENCAPAI PINTU SURGA..

      four years and a month ago August 08, 2010
  5. mencari kehidupan

    four years and a month ago July 22, 2010
  6. aku bingung menjalani hidup tidak tau harus melangkah ke arah mana….dan bagiku arti hidup yaituh tindakan ku sendiri menjalani hidup atau hidup adalah tindakan”

    four years and a month ago July 24, 2010
  7. Tuk pa aq d hidupkan tp tidak d harapkan….??

    four years and a month ago July 25, 2010
  8. hidup harus berjuang tuk mendapatkan apa yang kita ingin kan….

    four years and a month ago July 26, 2010
  9. sebuah khidupan yang ckup keras ..
    pnuh dngan hrapan dan tujuan ..
    hidup adalh sebuah perjalan yang harus kita tentukan kmna qta berjalan ..

    four years and a month ago July 30, 2010
  10. arti kehidupan ialah jantung yg berdetak kencang n langkah semakin kedepan mencapai tujuan dimn yg d tentukan di siyulah kt jalankan..

    four years and a month ago July 31, 2010
  11. hidup mrupakan prjuangan & menerima tantangan sebab klw tdk seperti itu maka Qt tdk akan mendapatkan hidup yg sebenarnya.

    four years and a month ago August 08, 2010
  12. hidup ini penuh dengan tantangan maka apa yang dijelaskan di atas bermakna buat saya sehingga seya mengucapkan terima kasih atas masukan buat yang kita belum memahami arti hidup, sekali lagi makasiah

    four years and a month ago August 11, 2010
  13. hidup adalah sebuah perjuangan dan perjuangan itu pulah suatu saat akan berakhir tampa kita sadari, maka perjuangkanlah apa yang kita inginkan sampai mendapatinya.

    four years and a month ago August 12, 2010
  14. kamu slah hidup bukanlah sebuah permainan namun hidup itu adlah sebuah anugrah yang tidak ada harganay….maka hargailah hidupmu…

    four years and a month ago August 13, 2010
  15. hidup adalah perjalanan panjang yg tiada habisnya
    mangkanya jalani hidup sabar

    four years and a month ago August 17, 2010

Comment is closed.

Contact us if you have something important to say about this topic.